nusabali

Kota Denpasar Tonjolkan Garapan Berbasis Endek

  • www.nusabali.com-kota-denpasar-tonjolkan-garapan-berbasis-endek

Kota Denpasar selalu punya garapan unggulan dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dalam even PKB.

DENPASAR, NusaBali

Pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019, kontingen Kota Denpasar melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Denpasar memilih menonjolkan permainan tradisional dan busana endek sebagai ciri khas pementasan dari awal sampai akhir.

Pelibatan permainan tradisional yang dipentaskan ratusan anak-anak tersebut, karena Denpasar merupakan kota yang sudah ditetapkan menjadi salah satu Kota Layak Anak (KLA) di Bali. Disbud menargetkan seluruh materi kegiatan PKB akan diikuti oleh kontingen seni dari Kota Denpasar.

Kepala Disbud Kota Denpasar IGN Bagus Mataram mengatakan, setiap pementasan dipastikan akan melibatkan anak-anak sekaligus diselipkan permainan tradisional. Karena  selama ini Pemkot Denpasar gencar membangkitkan kembali permainan-permainan tradisional yang sempat tertinggal karena kemajuan teknologi. "Yang pastinya dulu 30 persen dari total peserta sekarang kami coba agar 50 persennya anak-anak," jelas.

Dikatakan, garapan tersebut juga akan diserahkan ke kurator untuk teknis dan konsep yang akan dibuat. Yang pastinya kata Mataram, dua konsep yakni pelibatan anak-anak dengan permainan tradisional dan pakaian endek sebagai ciri khas kain tradisional Denpasar. Kain endek nantinya akan dipakai oleh seluruh peserta dalam 26 kegiatan dalam PKB tersebut. Yang membedakan nantinya hanya motif dan warna endek itu sendiri.

Bahkan, dalam pembukaan PKB pun, juga akan memberikan nuansa endek. "Kebetulan kami dapat bagian untuk menampilkan konsep kipas. Jadi kami bakal selipkan juga endek itu dalam kipas yang akan dibuat oleh kurator juga. Jadi sekarang kami masih persiapan, belum ada latihan. Yang pastinya dua konsep itu harus kita masukan dalam PKB," terangnya.

Papar Bagus Mataram, dari empat kecamatan di Kota Denpasar masing-masing akan membawakan kesenian mereka baik dari gamelan, topeng, wayang kulit, arja, hingga tari-tarian yang didominasi oleh anak-anak. "Saat ini kami masih penjajakan. Daftar senimannya sudah ada semua. Hanya saja kami belum persiapan, baru proses tahapan persiapan," ujarnya. *mi

loading...

Komentar