nusabali

Pohon Tumbang di Parkiran Goa Gajah

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-di-parkiran-goa-gajah

Sebuah pohon Suar tumbang menimpa dua unit sepeda motor di parkiran barat Objek Wisata Goa Gajah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Kamis (31/1) sekitar pukul 07.44 Wita.

GIANYAR, NusaBali

Dua unit sepeda motor itu yakni Honda Supra X 125D nopol DK 5773 F dan Sepeda Motor Yamaha Mio Soul nopol DK 2854 AO milik salah satu petugas kebersihan.

Ranting pohon itu juga merusak papan informasi DTW Goa Gajah. Tidak ada korban jiwa dari musibah ini. TRC (tim reaksi cepat) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Gianyar bersama pasukan kebersihan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Gianyar membersihkan sampah pohon. Wisatawan yang berkunjung tidak terdampak atas kejadian pohon tumbang tersebut.

Koordinator Objek Wisata Goa Gajah, Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, I Wayan Sweta mengaku sebelum kejadian sempat ke lokasi memantau petugas kebersihan. “Saya rutin pagi-pagi ke sini buka pintu sekalian lihat petugas kebersihan, setiap jam 6 pagi. Tadi pagi pas saya kesini, pohon masih berdiri. Suasana seperti biasa. Namun pas saya sampai di rumah, dapat telepon ada kejadian ini,” jelasnya.

Wayan Sweta memprediksi, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 07.30 Wita. Mengenai dua unit kendaraan yang tertimpa, diakui salah satunya milik petugas kebersihan dan satunya lagi milik salah satu pedagang. “Tidak rusak parah, hanya kena spion,” jelasnya. Ke depan untuk meminimalkan kejadian pohon tumbang, ia mengaku telah mengajukan permohonan untuk memangkas dahan pohon yang dirasa membahayakan dan rawan tumbang.

Pantauan koran ini, tampak pangkal pohon yang tumbang masih berada di sana dengan akarnya yang naik hingga satu meter terangkat dari tanah. Sedangkan ranting dan daunnya masih ada di areal parkiran yang ditangani oleh petugas DLH. Tampak juga wisatawan yang mengunjungi objek tersebut masih berjalan normal.

Kepala BPBD Gianyar AA Gde Oka Digjaya menjelaskan pohon yang tumbang tersebut panjang sekitar 5 meter dengan diameter sekitar 15 cm. Pohon ini tumbang karena beban karena hujan deras disertai angin kencang. Diperkirakan, kerugian akibat timpaan pohon ini sekitar Rp 2,5 juta. “Kami kerahkan anggota TRC BPBD beserta armada dan perlengkapan ke lokasi kejadian. Pukul 08.24 Wita, pohon tumbang sudah dapat di bersihkan,” jelasnya. *nvi

Komentar