nusabali

Satu CPNS Gugur karena Tak Setor Berkas

  • www.nusabali.com-satu-cpns-gugur-karena-tak-setor-berkas

Selama proses pemberkasan, 16–31 Januari 2019, seorang CPNS Pemkab Tabanan untuk posisi penyuluh pertanian, tidak pernah datang.

TABANAN, NusaBali

Pemberkasan CPNS 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan yang dibuka sejak 16 hingga 31 Januari 2019 telah berakhir Kamis kemarin. Dari 301 orang yang dinyatakan lulus, satu orang peserta CPNS dari formasi Penyuluh Pertanian atas nama Siti Alifah asal Bekasi, Jawa Barat, tidak datang setorkan berkas. Otomatis satu peserta tersebut dinyatakan gugur.

Kepala Bidang Formasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Tabanan Luh Putu Mahadi Santi, menjelaskan pemberkasan CPNS untuk Pemkab Tabanan telah berakhir. Dari 301 yang dinyatakan lulus, satu peserta dari formasi penyuluh pertanian tidak hadir setorkan berkas. “Satu orang peserta ini memang tidak pernah datang. Kami sudah sempat konfirmasi kepada yang bersangkutan, yang bersangkutan memang memilih tidak ambil karena usai melahirkan,” ungkapnya, Kamis (31/1).

Dikatakan, dengan kondisi tersebut otomatis satu peserta dinyatakan gugur menjadi CPNS tahun 2018, karena kelengkapan berkas kosong. “Karena tidak setorkan berkas otomatis gugur,” tandas Mahadi.

Sedangkan proses selanjutnya, menurut Mahadi, setelah berkas lengkap maka akan dilanjutkan entry sata atau mengirim berkas mereka yang lulus melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAP) Kantor Regional (Kanreg) X BKN paling lambat 29 Februari 2019. “Setorkan data untuk kami bisa ajukan nota persetujuan penetapan NIP,” imbuh Mahadi.

Mahadi menjelaskan, selama dibukanya pemberkasan, para peserta sangat antusias membawa berkasnya masing-masing. Meskipun saat dilakukan pemeriksaan ada beberapa peserta yang salah tulis. Seperti salah penulisan kolom nama, salah tulis surat, dan lain-lain. “Kemungkinan saat itu mereka grogi. Namun hal tersebut telah diperbaiki. Dan terkait kapan waktunya penempatan, masih menunggu perintah dari pusat,” tuturnya. *de

Komentar