nusabali

Belasan Kasek SD Pensiun Tahun Ini

  • www.nusabali.com-belasan-kasek-sd-pensiun-tahun-ini

Sebanyak 15 orang dari 476 Kepala Sekolah (Kasek) SD di Buleleng akan memasuki masa pensiun di tahun 2019 ini.

SINGARAJA, NusaBali

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng pun sudah mulai memetakan dan menyiapkan pengganti kepala sekolahnya. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, I Made Astika, Rabu (30/1) kemarin menjelaskan lima belas kasek pensiun tahun ini terhitung mulai Januari hingga Desember mendatang. Sejumlah pengganti kasek juga sudah disiapkan, sehingga begitu berakhir masa kerjanya, jabatan kepala sekolah langsung terisi dan tidak ada yang lowong.

“Kami sudah lakukan penyisihan dan sudah siapkan calon kepala sekolah (cakep), begitu masa kerjanya berakhir kami segera akan ajukan pengangkatan kepada pimpinan, terutama yang pensiun dekat ujian nasional,” ujar Astika.

Ia menjelaskan jika calon kepala sekolah SD, sudah dilatih melalui diklat cakep. Sehingga begitu bertugas, mereka sudah memahami manajemen tata kelola sekolah, pengelolaan keuangan dan administrasi sekolah. Namun pihaknya tidak menutup kemungkinan jika nanti ada kasek yang diangkat belum mengikuti dan lulus cakep.

Hal tersebut dikarenakan peserta pelatihan cakep di tahun 2018 ditiadakan pemerintah pusat dan saat ini jumlahnya sudah menipis.

“Kalau yang belum ikut cakep, nanti begitu menjabat baru akan dilatih, menyesuaikan dengan kondisi, karena di tahun 2018 programnya tidak ada, sedangkan stok calon kasek yang sudah mengikuti cakep di Buleleng sudah hampir habis,” imbuh Astika.

Sementara itu di tahun 2019, ia juga mengatakan juga ada kemungkinan rotasi guru. Terutama guru-guru kontrak daerah. Hal itu disebut Astika karena adanya pengangkata CPNS yang tahun ini Buleleng mendapatkan jatah guru sebanyak 158 orang. Sehingga guru-guru PNS baru yang sudah ditempatkan sesuai SK, akan mengkondisikan posisi guru kontrak di sekolah yang bersangkutan. Sehingga ketersediaan guru sesuai dengan kebutuhan dan tidak mengganggu sistem.*k23

Komentar