nusabali

BPK Sasar Penggunaan Dana Desa

  • www.nusabali.com-bpk-sasar-penggunaan-dana-desa

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bali akan melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan tahun 2018 di lingkungan Pemkab Bangli.

BANGLI, NusaBali
BPK juga akan menyasar penggunaan dana desa. Selama ini pengawasan penggunaan dana desa di bawah kendali Inspektorat dan dimonitoring oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Inspektur Bangli, I Ketut Riang, mengatakan selama ini BPK melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan daerah di masing-masing OPD. Namun untuk tahun 2019 ini, BPK akan melakukan audit pemeriksaan atas pengelolaan dana desa. “Dana yang dikelola di desa jumlahnya tidak kecil, diharapkan dengan adanya pemeriksaan ini dana desa terserap optimal,” ungkap Ketut Riang, Rabu (30/1). Dikatakan, BPK menentukan langsung desa yang akan diperiksa.

Dijelaskan, dana yang digelontorkan ke desa merupakan bagian dari  belanja pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Tujuannya mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di perdesaan. “Audit dari BPK sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi penyalahgunaan keuangan.” Tegasnya. Harapannya dana desa bisa efektif serta mampu berkontribusi bagi pemberdayaan masyarakat serta kemajuan desa. *es

Komentar