nusabali

Ezra-Egy Absen, Indra Tak Masalah

  • www.nusabali.com-ezra-egy-absen-indra-tak-masalah

Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri mengaku tak mempermasalahkan perihal kepastian Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri absen dari Piala AFF U-22 lantaran tak diberi izin oleh klubnya masing-masing.

JAKARTA, NusaBali
Namun, Indra menegaskan bahwa keduanya wajib hadir ketika Garuda Muda berlaga dalam kualifikasi Piala Asia U-23, Maret nanti. "Sudah ada penjelasan resmi dari Sekjen PSSI. Sudah ada surat resmi dari klub mereka, bahwa mereka tidak bisa ikut," kata Indra selepas memimpin pemusatan latihan (TC) Timnas U-22 sesi hari kedua pekan keempat di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (29/1).

"Ini bukan kalender FIFA juga, jadi saya memaklumi," ujarnya menambahkan. Satu nama lain juga belum bergabung dalam TC Timnas U-22, yakni Saddil Ramdani. Namun Indra menyatakan pemain klub Malaysia Pahang FA itu bakal bergabung dengan Timnas U-22 pada 2 Februari mendatang.

Indra menyatakan bahwa dirinya tidak kecewa atas absennya kedua pemain dari Timnas U-22 di Piala AFF U-22 dan bahkan turut bahagia, karena keputusan itu menyiratkan bahwa tenaga keduanya dibutuhkan oleh klub masing-masing, Ezra di RKC Waalwijk (Belanda) dan Egy di Lechia Gdansk (Polandia).

"Saya malahan bahagia karena dia juga perlu. Jangan cuma memikirkan timnas (U-22) saja, perkembangan dia di klub juga harus diberi ruang," kata Indra. "Kecuali nanti AFC, dia wajib datang," ujarnya menambahkan.

Satu-satunya pengaruh yang muncul, kata Indra, adalah kedua pemain yang tengah meniti karier di luar negeri itu tidak hadir dalam Timnas U-22.     "Pengaruhnya hanya mereka tidak hadir," kata Indra. "Tidak bakal mengubah skema juga, karena mereka berdua kan belum ikut latihan," ujar mantan pelatih Timnas U-19 itu menegaskan.

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan bahwa absennya Ezra dan Egy akan membuka kesempatan lebih bagi para pemain yang saat ini mengikuti TC Timnas U-22. “ Saya tidak ada masalah, berarti akan ada kesempatan buat pemain-pemain yang lain," ujarnya.

Menurut Indra, ia juga tidak berencana untuk mencari pengganti Ezra dan Egy dari luar skuat yang saat ini sudah bergabung di TC Timnas U-22. "Tidak ada. Ini saja sudah lebih," kata Indra.

Kepastian absennya Ezra dan Egy membuat skuat Timnas U-22 saat ini dihuni 28 pemain, termasuk Saddil Ramdani yang baru bergabung pada 2 Februari. Timnas U-22 nantinya akan dihuni 23 pemain terpilih yang bakal diboyong ke Kamboja untuk mulai berlaga melakoni pertandingan pertama penyisihan Grup B pada 18 Februari menghadapi Myanmar.

Selain mengikuti Piala AFF U-22, pasukan Garuda Muda juga akan bertanding pada fase kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam pada Maret nanti. Kemudian dipersiapkan tampil dalam SEA Games 2019 di Filipina. *ant

Komentar