nusabali

ISI Denpasar dan Phetchaburi Rajabhat University Thailand Jalin Kerjasama

  • www.nusabali.com-isi-denpasar-dan-phetchaburi-rajabhat-university-thailand-jalin-kerjasama

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menjalin kerjasama dengan Phetchaburi Rajabhat University, Thailand, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara pimpinan dua kampus.

DENPASAR, NusaBali

"Sangat relevan jika antara seni yang dikembangkan di Phetchaburi Rajabhat University dikolaborasikan dengan seni yang dikembangkan di ISI Denpasar. Begitu juga sebaliknya," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Gede Arya Sugiartha SSKar, MHum, disela-sela penandatanganan tersebut, di Denpasar, Senin (28/1) malam.

Dalam kesempatan itu, nota kesapahaman (MoU) ditandatangani oleh Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Gede Arya Sugiartha SSKar, MHum dan President Of Phetchaburi Rajabhat University-Thailand, Prof Dr Sanor Klinngam yang disaksikan para wakil rektor, para dekan dan ketua prodi masing-masing institusi.

Penandatanganan MoU diawali dengan penayangan visual profil, pemaparan visi misi dan keunggulan masing-masing perguruan tinggi, serta kebudayaan masin-masing negara.

Menurut Prof Arya, Phetchaburi Rajabhat University merupakan salah satu perguruan tinggi besar yang ada di Thailand karena memiliki beberapa fakultas, salah satunya fakultas di bidang seni dan budaya.

Selain itu, media yang dikembangkan di Phetchaburi Rajabhat University sangat maju dan saat ini ISI Denpasar tengah mengembangkannya, seperti desain grafis dan televisi film. "Kerja sama ini saya kira prospeknya ke depannya sangat bagus. Apalagi, mereka sudah mengundang kami untuk mengirimkan 10 mahasiswa tukar menukar dalam bentuk workshop pembelajaran tari Bali dan tari Thailand di bulan Desember mandatang. Bahkan, mereka akan menanggung semua biaya akomodasinya," ujarnya.

Prof Arya menambahkan, Phetchaburi Rajabhat University sebenarnya telah lama ingin berkunjung ke ISI Denpasar karena mereka ingin belajar seni yang ada di Indonesia, dan seni Bali pada khususnya untuk memperkaya kesenian yang mereka kembangkan. Di samping juga ingin memperkenalkan kesenian yang ada di daerah mereka. "Mereka sangat serius seni-seni yang ada di kita. Kita (ISI Denpasar-red) juga serius, bahkan kita sudah siap mengirimkan 10 mahasiswa kita ke sana (Phetchaburi Rajabhat University-red)," ucapnya.

Selain itu, Prof Arya mengatakan, ISI Denpasar juga sedang diundang untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Jepang dan perguruan tinggi di Amerika pada Mei mendatang. "Kami ingin melihat bagaimana mereka mengembangkan kesenian itu dan kemana saja lulusan mereka. Yang patut dicontoh akan kita contoh untuk kemajuan ISI Denpasar ke depannya," katanya. *ant, isu

Komentar