nusabali

Panyengker Pura Telaga Tawang Retak

  • www.nusabali.com-panyengker-pura-telaga-tawang-retak

Panyengker di jaba sisi Pura Telaga Tawang, Banjar Gamongan, Desa Tiyingtali, Kecamatan Abang, Karangasem, retak.

AMLAPURA, NusaBali

Kondisi itu sangat riskan, apalagi lokasi pura di Bukit Bisbis yang rawan longsor. Diduga panyengker retak terjadi saat bencana gempa.

Kelian Pangempon Pura Telaga Tawang yang juga pamangku di pura tersebut, Jro Mangku Pasek Gunadi, membenarkan terjadi kerusakan di bagian tembok panyengker. “Kami telah laporkan ke MGPSSR (Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi) Karangasem, provinsi, dan pusat,” jelas Jro Mangku Pasek Gunadi, Senin (28/1). Dijelaskan, panyengker yang retak merupakan jalur menuju Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur. Saat musim hujan, ada kekhawatiran melintasi jalur itu karena berpotensi jebol akibat struktur tanahnya labil.

Jro Mangku Pasek Gunadi menambahkan, di lokasi itu ada tiga pura yang jadi satu kesatuan emponan krama MGPSSR yakni Pura Lempuyang Madya, Pura Pucak Bisbis, dan Pura Telaga Tawang. Prioritas perbaikan adalah di Pura Pucak Bisbis, bagian panyengker di jeroan pura jebol. “Kami telah melakukan survei dengan tokoh MGPSSR. Kami berharap dapat respon untuk perbaikan, menggunakan pondasi beton yang permanen,” harapnya. Harapannya, sebelum piodalan di Purnama Kapat dan Purnama Kadasa, seluruh kerusakan areal pura teratasi. Sehingga pamedek yang melakukan persembahyangan merasa lebih nyaman. *k16

Komentar