nusabali

Sikat China, Iran Hadapi Jepang

  • www.nusabali.com-sikat-china-iran-hadapi-jepang

Sukses menggulung China 3-0 di perempatfinal, Iran akan menghadapi Jepang di semifinal Piala Asia 2019, di Uni Emirat Arab, Senin (28/1).

ABU DHABI, NusaBali
Jepang sendiri lolos berkat kemenangan tipis 1-0 atas Vietnam pada waktu yang sama, Jumat (25/1) dinihari WITA. Penampilan sempurna Sardar Azmoun (24) jadi kunci kemenangan Iran atas China 3-0, di Stadion Mohammed bin Zayed, Abu Dhabi. Sardar memberikan assist gol pertama Iran yang dicetak Mehdi Taremi dan membuat namanya sendiri tercatat di papan skor. Sedangkan gol ketiga dibuat Karim Ansarifard (90).

Performa Azmoun dan kemenangan Iran membuat skuat asuhan Carlos Queiroz itu menorehkan lima kemenangan. Mereka juga tidak kebobolan dari lima laga di turnamen Asia tersebut. Selangkah lagi Iran mengklaim gelar kontinental pertama Iran sejak 1976.

Kekalahan dari Iran membuat pelatih China Marcello Lippi mengakhiri kontrak. Pelatih yang memenangi piala dunia bersama Italia itu tidak menandatangani kontrak baru di China. Lippi pun mengucapkan terima kasih kepada para pemain maupun staf tim. Lippi juga tidak mampu menahan diri untuk mengemukakan kekecewaannya atas penampilan buruk para pemain China.

"Kami memiliki tim Piala Asia yang bagus dan memainkan beberapa pertandingan bagus tetapi saya merasa tidak dapat diterima untuk melakukan kesalahan seperti ini," kata pelatih yang membawa Italia juara Piala Dunia 2010 itu.

Sedangkan Jepang melaju ke semifinal Piala Asia setelah mendapatkan perlawanan sengit dari Vietnam, di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis. Tim samurai biru hanya menang tipis 1-0 dalam perempat final  yang membuat wasit Mohammed Adbulla Hassan harus menggunakan Video Assistant Referee (VAR) dua kali.

VAR pertama kali digunakan saat wasit menganulir gol Maya Yoshida pada menit ke-24karena handball. Lalu kembali digunakan di menit ke-56 ketika pemain Vietnam Bui Tien Dung menjatuhkan Ritsu Doan di kotak penalti. Doan tidak membuang peluang itu dan mencetak gol melalui penalti. *ant

Komentar