nusabali

Bupati Titipkan Kain Gringsing ke India

  • www.nusabali.com-bupati-titipkan-kain-gringsing-ke-india

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, menitipkan kain gringsing produk Desa Pakraman Tenganan Pagringsingan, Kecamatan Manggis, untuk dipamerkan di Museum Odisha State Maritime Cuttack India, Maret mendatang.

AMLAPURA, NusaBali
Kain dititipkan pada Dubes RI untuk India, Sidharto Reza Suryodipuro, di Hai Long Seafood Restoran Denpasar, Rabu (23/1) malam. Titip kain gringsing juga untuk menindaklanjuti rencana program pembangunan Sister City antara Karangasem dengan Cuttack India.

Dalam pertemuan, itu Bupati Mas Sumatri didampingi Kepala Dinas Kebudayaan I Putu Arnawa, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah  I Made Sujana Erawan, dan pimpinan Ashram Gandhi Puri Denpasar Agus Indra Udyana. Bupati Mas Sumatri mengatakan, program Sister City sangat bermanfaat untuk masyarakat Karangasem. Pemerintah siap menyediakan lahan dan bantuan lainnya. Banyak dampak positif nantinya didapatkan setelah program ini berjalan. “Misalnya berpeluang mendatangkan investor India ke Karangasem. Wisatawan India lebih banyak berkunjung ke Karangasem, sehingga industri pariwisata semakin menggeliat dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” kata Bupati Mas Sumatri. 

Jika program Sister City terwujud makan Karangasem dengan Cuttack India memiliki program kerjasama di segala bidang, seperti pertukaran budaya, pelajar, ekonomi, pariwisata, dan lainnya. Karangasem juga berkesempatan mempromosikan segala potensinya, terutama potensi 54 objek wisata yang lebih banyak mengandalkan panorama alam. “Jadi India akan menjadi dekat, kerjasama nanti juga bisa dikembangkan salah satunya paket wisata spiritual matirta yatra. Kita dengan mudah matirta yatra ke India, setelah ada yang memfasilitasi. India juga dengan mudah tirtayatra ke Karangasem,” katanya.

Selama ini India mengagumi ritual Karya Agung Panca Walikrama di Pura Besakih yang merupakan ritual terbesar dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Sebelumnya, pimpinan Ashram Gandhi Puri Denpasar, Agus Indra Udayana audiensi ke ruang kerja Bupati Mas Sumatri, Rabu (23/1) untuk menyampaikan tujuan dari pasraman Kalinga Sanggam India bekerjasama membangun Sister City. Agus Indra Udayana sebagai utusan dari Pasraman Sanggam India antusias memaparkan rencana program kerjasama itu. Sebab dinilai sangat bermanfaat untuk Karangasem. *k16

Komentar