nusabali

Anjing Rabies Gigit 9 Warga di Batuan

  • www.nusabali.com-anjing-rabies-gigit-9-warga-di-batuan

Anjing positif rabies gigit sembilan warga di Banjar Puaya, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

GIANYAR,NusaBali 
Kepala Dinas Pertanian Gianyar Ir I Made Raka didampingi Kepala Bidang Peternakan Ngakan Readi, ditemui Kamis (24/1) membenarkan kasus gigitan ini. 

Kasus gigitan terjadi selama tiga hari berturut-turut, sejak Senin (7/1) - Rabu (9/1). "Jenisnya anjing lokal, menggigit warga secara berturut-turut. Setelah dicek lab, ternyata positif rabies," ungkapnya kemarin. Pascakejadian itu, pihaknya langsung turun ke lokasi. Diawali dengan pelaksanaan sosialisasi, eliminasi selektif dan vaksinasi emergency terhadap populasi anjing se Desa Batuan. "Vaksinasi emergency ini kami lakukan tadi pagi sampai tanggal 26 Januari. Menyasar sekitar 2.405 estimasi populasi anjing di 17 banjar," jelasnya. 

Dalam waktu dekat, vaksinasi massal juga akan dilakukan. "Sekitar bulan Maret-April, akan ada vaksinasi massal. Kami harap masyarakat proaktif membawa anjing peliharaanya untuk divaksin," pintanya. Saat itu, jumlah populasi anjing yang akan disasar estimasi sekitar 72 ribu. Selain di Desa Batuan, gigitan anjing positif rabies di awal tahun 2019 ini juga terjadi di Banjar Gumicik, Desa Ketewel Kecamatan Sukawati. Dua kasus positif di awal tahun ini pun semakin menjauhkan harapan Gianyar bebas rabies. Bahkan dikatakan, kasus serupa juga terjadi hampir di seluruh kabupaten/kota di Bali. *nvi

Komentar