nusabali

Desa Akah Launching Smart Desa

  • www.nusabali.com-desa-akah-launching-smart-desa

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Wakil Bupati I Made Kasta melaunching Smart Desa Akah di Balai Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Klungkung, Rabu (23/1).

SEMARAPURA, NusaBali
Dalam aplikasi [email protected] yang diinstal melalui telepon pintar, masyarakat akan mendapat informasi segala sesuatu tentang desa. Perbekel Desa Akah Nyoman Sujati mengatakan, tujuan pengadaan aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi tentang desa. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui program desa termasuk transparansi pengelolaan keuangan/dana desa. “Aplikasi ini untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat dan kesejahteraan masyarakat Desa Akah,” ujarnya.

Dalam aplikasi ini, kata Sujati, ada sekitar 36 fitur yang akan dilaksanakan, tetapi saat ini baru beberapa yang bisa dilaksanakan karena masih tahap pembelajaran. Selain transparansi dalam pengelolaan keuangan desa dan UMKM, melalui aplikasi yang bisa diinstal pada telepon pintar ini masyarakat juga dipermudah dalam pengurusan surat-surat keterangan, khususnya bagi yang berada di luar desa. ”Dengan aplikasi ini akan memudahkan pelayanan bagi masyarakat terutama yang tinggal diluar desa. Kenapa memudahkan, karena masyarakat tanpa pulang ke desa sudah bisa membuat surat-surat keterangan dengan stempel barcode, kecuali kalau mau stempel dan tandatangan basah baru harus ke desa,” jelasnya.

Bupati Suwirta mengapresiasi langkah Desa Akah yang telah berani mengambil gebrakan teknologi ditengah-tengah bangsa ini dihadapkan dengan revolusi industri 4.0. Revolusi ini nantinya akan berimbas pula pada bonus demografi yang terjadi di tahun 2020-2030. “Zaman sekarang mau tidak mau kita harus berani melangkah, mengajak masyarakat jangan sampai tertinggal, terutama dibidang teknologi,” ujar Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta juga berharap dengan adanya aplikasi ini Desa juga bisa lebih dipermudah dalam pengurusan surat-surat keterangan, khususnya bagi yang berada di luar desa. “Semoga desa-desa yang lainnya juga nantinya bisa mengikuti langkah ini,” harapnya.*wan

loading...

Komentar