nusabali

Apresiasi Program Homecare, Seniasih Giri Prasta Motivasi Penderita ODGJ dan Kanker

  • www.nusabali.com-apresiasi-program-homecare-seniasih-giri-prasta-motivasi-penderita-odgj-dan-kanker

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta didampingi Nyonya Rasniathi Adi Arnawa serta Sekretaris YKI Badung dr Elly Swandewi Murti, melaksanakan pendampingan program kunjungan rumah (homecare) penderita orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Rabu (23/1).

MANGUPURA, NusaBali
Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta didampingi Nyonya Rasniathi Adi Arnawa serta Sekretaris YKI Badung dr  Elly Swandewi Murti, melaksanakan pendampingan program kunjungan rumah (homecare) penderita orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Rabu (23/1). Bekerja sama dengan Tim Keswamas RSJ Bali, selain mengunjungi penderita ODGJ, juga menyasar penderita kanker.

Kunjungan pertama di Banjar Semanik, Desa Pelaga, Kecamatan Petang. Di sini tim mengunjungi pasien gangguan jiwa I Made Sadia, 33, I Gede Kocong, 66, dan penderita kanker Wayan Payu. Ketiga pasien ini tercatat memiliki hubungan kekerabatan. Selanjutnya tim mengunjungi pasien gangguan jiwa Nyoman Winaya, 33, asal Banjar Kiadan, Pelaga. Pada kesempatan tersebut selain memberikan bingkisan, juga diserahkan bantuan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada penderita kanker.

Nyonya Seniasih Giri Prasta mengatakan, kehadirannya selain untuk memberikan bantuan juga memberikan motivasi kepada penderita. “Mereka (penderita) tak hanya wajib diberikan pelayanan pengobatan yang teratur, tapi motivasi dari keluarga terdekat dan lingkungan sangat dibutuhkan dalam upaya penyembuhan,” katanya. Untuk itulah, dirinya mengharapkan adanya dukungan dari keluarga dan lingkungan dalam proses penyembuhan penderita.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi program homecare di Dinas Kesehatan Badung, sebagai salah satu kegiatan di puskesmas, dengan melakukan kunjungan dan perawatan kesehatan langsung di rumah penderita penyakit seperti ODGJ, kanker maupun penyakit lainnya. *

Komentar