nusabali

Kabel Kulkas Korsleting, Sambar Kembang Api, Isi Warung Hangus

  • www.nusabali.com-kabel-kulkas-korsleting-sambar-kembang-api-isi-warung-hangus

Warung milik Gusti Ngurah Putu Sudiana, 53, di Banjar Sekar Pancasari, Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Kamis (24/1) dini hari hangus terbakar.

NEGARA, NusaBali
Kebakaran yang diduga akibat korsleting sambungan kabel kulkas, dan menyambar kembang api di dalam warung itu nyaris meludeskan barang dagangan di warung tersebut.

Berdasar informasi, kebakaran di warung yang berdampingan dengan tempat tinggal korban itu terjadi sekitar pukul 02.30 Wita. Kebakaran yang terjadi ketika waktu orang beristirahat, itu pertama kali diketahui korban. Saat itu, korban yang sedang tidur di dalam kamarnya, dikagetkan oleh suara ledakan di dalam warungnya. Begitu dicek, diketahui terjadi kebakaran di dalam warungnya, dengan api yang sudah membesar di bagian sambungan kabel kulkas. Sedangkan suara ledakan yang terdengar begitu keras hingga membangunkan sejumlah warga sekitar, itu diketahui merupakan ledakan dari kembang api yang ditempatkan di rak dekat kulkas yang korslet.

Mengetahui kebakaran itu, korban bersama sejumlah warga sekitar melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Ada pula warga yang melapor kepada petugas Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Jembrana, yang kemudian menerjunkan 3 unit mobil damkar ke lokasi. Setelah ditangani petugas damkar dibantu warga sekitar, api yang menyebar karena ledakan kembang api di areal warung seluas 5 meter x 3 meter, itu akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.25 Wita.

Kepala Seksi (Kasi) Damkar Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Jembrana Kade Bagus Darmawan, Kamis kemarin, mengatakan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran warung tersebut. Namun sejumlah barang dagangan di dalam warung hangus. Untuk menangani kebakaran tersebut menghabiskan 2 tangki air. “Kerugian materi diperkirakan sekitar Rp 50 juta. Penyebab kebakaran, diduga karena hubungan arus pendek listrik (korsleting),” ujar Bagus Darmawan. *ode

Komentar