nusabali

Pasraman Kalinga Sanggam India Tawarkan Kerjasama Sister City

  • www.nusabali.com-pasraman-kalinga-sanggam-india-tawarkan-kerjasama-sister-city

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, menerima audiensi rombongan Pasraman Kalinga Sanggam India di ruang rapat Bupati Karangasem, Rabu (23/1).

AMLAPURA, NusaBali

Rombongan dari Pasraman Kalinga Sanggam India diantarkan oleh juru bicaranya, Agus Indra Udayana. Rombongan dari India ini menawarkan kerjasama Sister City antara Karangasem dengan kota Cuttak India. Tujuannya menggaet wisatawan India lebih banyak datang ke Karangasem.

Kerjasama ini untuk menjadikan kota kembar antara Karangasem dengan Cuttak, walau berbeda lokasi, administrasi, budaya, dan sebagainya. Tetapi jalinan hubungan budaya, kontak sosial antar-penduduk mendekatkan keduanya jadi kota kembar.  Agus Indra Udayana mengatakan, kota kembar biasanya memiliki persamaan demografi, tetapi kali ini kota kembar bisa diumpamakan sebagai sahabat pena antara dua kota. Jadinya ke depan sangat bermanfaat dan memudahkan melakukan pertukaran pelajar, kerjasama bidang budaya, ekonomi, dan bentuk lainnya.

Dikatakan, beberapa kota di Indonesia telah menjalin hubungan kota kembar, salah satunya Jakarta dengan Los Angeles, Beijing, Hanoi, Berlin, Paris, Pyongyang, Rotterdam, Seoul, Tokyo, Athena, Bangkok, Casablanca, Jeddah, Istanbul, Islamabad, dan yang lainnya. Istilah di Eropa yakni twin towns atau friendship town, di Jerman disebut partner towns, sedangkan di Asia, Australia, dan Amerika Utara lebih dikenal dengan istilah sister cities, dan sebagainya. “Kami datang untuk membicarakan tentang pembangunan sister city, antara Karangasem dengan Cuttak,” kata Agus Indra Udyana.

Pembangunannya perlu lahan yang strategis agar ke depan Karangasem bisa lebih menarik dikunjungi wisatawan India. Bupati Mas Sumatri mengapresiasi ajakan kerjasama itu. Sebab program sister city sangat bermanfaat untuk Karangasem. “Karangasem bisa meningkatkan kunjungan wisatawan India juga memudahkan ajang promosi pariwisata ke India,” kata Bupati Mas Sumatri.

Penandatanganan MoU sister city direncanakan di India, Selasa (5/3). Nantinya akan mempresentasikan potensi dan budaya Karangasem. “Sebelum MoU, kami membawakan materi ke Dubes India, mumpung masih di Bali. Agar bapak Indra Udayana memfasilitasi,” pinta Bupati Mas Sumatri. Audiensi kemarin didampingi Kadis Kebudayaan I Putu Arnawa, Staf Ahli Bupati I Wayan Sutapa, dan Kabag Administrasi Pemerintahan I Made Suartana. *k16

Komentar