nusabali

Gelombang Tinggi Nelayan Istirahat Melaut

  • www.nusabali.com-gelombang-tinggi-nelayan-istirahat-melaut

Sejumlah nelayan di Pantai Pasut, Desa Tibu Biu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, tidak melaut sejak dua hari terakhir.

TABANAN, NusaBali
Hal ini dikarenakan angin kencang dan gelombang tinggi mencapai 4 meter sedang menerpa kawasan pantai. Kesempatan itu digunakan nelayan untuk memperbaiki jaring dan jukung mereka.

Pantauan pada Rabu (23/1) sore sejumlah jukung berjejer di bibir pantai. Meskipun demikian ada pula para pemancing yang memancing di sekitaran pantai. Kondisi ini juga terjadi di Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan. Di beberapa sudut Pantai Yeh Gangga juga dipenuhi para pemancing.

Seorang nelayan setempat, I Nyoman Ginawa, 55, mengaku kondisi gelombang tinggi ini sudah terjadi sejak Senin (21/1). Karenanya, para nelayan tak berani melakukan aktivitas di laut. “Sudah dari dua hari lalu kami tidak berani melaut karena kondisinya tidak memungkinkan,” ujarnya.

Dikatakannya, gelombang saat ini mencapai 4 meter dan disertai angin yang kencang. Sehingga sudah tidak memungkinkan untuk menerobos ke tengah laut. “Sambil menunggu gelombang normal, saya perbaiki jaring dan bersihkan perahu,” imbuh Ginawa.

Ginawa berharap kondisi cuaca cepat normal agar para nelayan kembali bisa meraup rezeki. “Mudah-mudahan tidak lama kondisi cuaca seperti ini, agar tidak mempengaruhi perekonomian kami,” harap pria yang sudah jadi nelayan sejak umur belasan tahun. *de

Komentar