nusabali

UEA dan Australia Lolos Perempatfinal

  • www.nusabali.com-uea-dan-australia-lolos-perempatfinal

UEA dan Australia harus bersusah payah sebelum melaju ke babak 8 besar Piala Asia.

ABU DHABI, NusaBali
UEA harus melewati babak perpanjangan waktu sebelum mengalahkan Kyrgyzstan, sedangkan australia melewati babak adu penalti untuk mengalahkan Uzbekistan. Jerih payah kedua tim ini pun akan dipetemukan di babak perempatfinal pada Sabtu (26/1) mendatang.

UEA harus berterimakasih pada striker Ahmed Khalil yang mengonversi gol dari titik putih di babak perpanjangan waktu. Pemain pengganti itu melesakkan bola cukup keras ke gawang kiper Kutman Kadyrbekov pada menit ke-102 laga yang berlangsung Senin (21/1) malam waktu setempat.

Setelah gol awal dari Khamis Esmaeel dibalas oleh Mirlan Murzaev di babak pertama, Ali Mabkhout menciptakan gol kedua bagi UEA pada menit ke-64.   Namun UEA yang hampir memastikan kemenangannya di menit-menit akhir babak kedua dikagetkan oleh Tursunali Rustamov yang melesakkan bola hasil tembakan pojok ke dalam gawang tuan rumah untuk menyeimbangkan kedudukan.

"Permainan yang sulit," kata Zaccheroni. "Kyrgyzstan adalah tim yang sangat agresif tapi saya ucapkan terima kasih kepada tim saya berkat cara bermain mereka, mereka sangat positif, dan kami meraih tujuan kami untuk lolos." Zaccheroni menilai para pemainnya telah menunjukkan karakter yang hebat walaupun kebobolan di menit ke-92.

Di babak tambahan, wasit tanpa ragu menunjuk titik putih ketika Mabkhout dijatuhkan Bekzhan Sagynbaev di dalam kotak penalti. Khalil lalu mengeksekusi dengan baik hadiah penalti itu dengan kaki kanannya yang mengirim bola ke sisi kiri bawah gawang.

Sementara itu kiper Australia Maty Ryan menjadi pahlawan kemenangan atas Uzbekistan dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala AFC di Al Ain. Ryan membuat dua penyelamatan gemilang untuk meninggalkan Uzbekistan 4-2 setelah bermain 120 menit tanpa gol.

Kiper yang bermain untuk klub Brighton & Hove Albion itu menepis tembakan Islom Tukhtakhujaev dan Marat Bikmaev sehingga mempermudah Mathew Leckie melakukan tendangan penentu kemenangan the Socceroos untuk melaju ke babak perempat final. *ant

Komentar