nusabali

Pasar Rakyat Pempatan Diyakini Berfungsi Optimal

  • www.nusabali.com-pasar-rakyat-pempatan-diyakini-berfungsi-optimal

Pembangunan Pasar Rakyat Desa Pempatan di Banjar/Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem telah rampung dikerjakan. Pasar ini dibangun dengan biaya dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan berdasarkan aspirasi masyarakat dari 11 banjar.

AMLAPURA, NusaBali
Pasar desa ini diyakini mampu dioptimalkan meski pasar hewan di sebelahnya mangkrak sejak tahun 2007.  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karangasem, I Gusti Ngurah Suarta, mengatakan pembangunan Pasar Desa Pempatan berdasarkan permintaan dari 11 banjar. Pasar ini dibangun di lahan pemerintah seluas dua hektare. Pemkab Karangasem kemudian mengajukan proposal ke Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI dan mendapat bantuan Rp 5,76 miliar. Ukuran bangunan 50 meter x 23 meter. “Lokasi pasar sangat strategis, dekat dengan Desa Besakih, Desa Pempatan, dan Desa Menanga. Bahkan dari Bangli juga dekat,” ungkap Gusti Ngurah Suarta, Selasa (22/1). 

Pedagang dan pembeli yang datang tidak perlu khawatir karena telah tersedia lahan parkir luas, sekitar 2 hektare. Sebab di sebelahnya masih ada lahan kosong. “Kami berharap dengan optimalkan Pasar Rakyat Desa Pempatan akan berpengaruh terhadap Pasar Hewan di sebelahnya,” harap Gusti Ngurah Suarta. Perbekel Desa Pempatan, I Nengah Kuta, juga optimis Pasar Rakyat Desa Pempatan dioperasikan. Nengah Kuta menambahkan, agenda melaspas Pasar Rakyat Desa Pempatan pada Sukra Kliwon Pujut, Jumat (25/1) nanti. Sebanyak 35 kios yang dibangun di Pasar Rakyat Desa Pempatan telah laku untuk para pedagang berasal dari 11 banjar. *k16

loading...

Komentar