nusabali

Jelang Nyepi, Ketua ST se-Badung Dikumpulkan

  • www.nusabali.com-jelang-nyepi-ketua-st-se-badung-dikumpulkan

Para Ketua ST se-Badung mendapatkan pengarahan, Selasa (22/1).

MANGUPURA, NusaBali
Sekaa Teruna (ST) se-Kabupaten Badung bakal mendapatkan bantuan dana kreativitas senilai Rp 24 juta dipotong pajak 15 persen. Dana diberikan untuk pembuatan Ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1941. Bantuan ini naik Rp 1 juta dari tahun lalu sebesar Rp 23 juta dipotong pajak 15 persen. Agar pengelolaan anggaran sesuai peruntukan, Dinas Kebudayaan (Disbud) selaku leading sector mengumpulkan para Ketua ST se-Badung untuk mendapatkan pengarahan, Selasa (22/1) kemarin.

Pengarahan dilakukan di Wantilan DPRD Badung oleh Kasi Adat Disbud Badung Ida Bagus Arimbawa didamping Ketua Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) Badung Ida Bagus Anom.

Arimbawa mengatakan, bantuan dari Pemkab Badung kepada ST se-Badung merupakan bentuk komitmen dan keseriusan mendorong anak-anak muda supaya senantiasi berinovasi dan berkreasi. “Dana ini kami berikan untuk mendukung kegiatan kreativitas,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta supaya dana yang akan diberikan oleh Pemkab Badung dipergunakan sebaik mungkin, terutama untuk pembuatan Ogoh-ogoh, dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1941. Nah, terlebih karena pembuatan Ogoh-ogoh juga dilombakan, pihaknya berpesan agar jangan mengambil jalan pintas dengan cara membeli. “Jadi kami harap agar dibuat sendiri jangan membeli,” pesan Arimbawa.

Secara umum, keriteria pembuatan ogoh-ogoh harus menggambarkan sosok butha kala, tidak bermuatan politik, tidak mengandung unsur pornografi, tidak berbau SARA dan tidak menggunakan bahan styrofoam. Arimbawa mengatakan, jika ada ST yang membuat Ogoh-ogoh tidak sesuai kriteria dan melanggar imbauan Disbud, maka akan didiskualifikasi.

“Jika ada yang bermasalah atau melanggar kriteria langsung akan diskualifikasi. Kami juga mengimbau agar ST tertib. Jangan sampai terkontaminasi dengan perilaku-perilaku yang kurang baik. Apalagi tahun 2019 ini merupakan tahun politik,” imbaunya.

Untuk penilaian, kata Arimbawa, akan dimulai pada tanggal 18 Februari hingga 28 Februari 2019. Penilaian langsung dilakukan oleh tim juri masing-masing kecamatan. Kemudian, masing-masing kecamatan akan dicari tiga terbaik untuk dinilai tim kabupaten. “Sebelum tanggal 18 Februari kami minta ogoh-ogoh masing-masing Sekaa Teruna harus sudah siap untuk dinilai,” katanya.

Sementara, Ketua ST Girindra Putra, Banjar Tegalnarungan, Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi I Putu Edy Saputra, mengaku merasa sangat terbantu dengan bantuan dana yang diberikan Pemkab Badung. “Tentu sangat terbantu. Kami merasa sebagai generasi muda sangat diperhatikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, dengan diberikannya dana kreativitas tersebut, STT tidak perlu susah-susah lagi mencari sumbangan pembuatan Ogoh-ogoh dari masyarakat. “Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Badung. Mudah-mudahan bantuan ini juga dapat menghindarkan generasi muda Badung dari hal-hal yang negatif,” kata Edy Saputra.

Untuk diketahui, total bantuan dana Ogoh-ogoh yang diberikan Pemkab Badung mencapai Rp 12,8 miliar lebih. Setiap ST akan mendapat dana Rp 24 juta dipotong pajak 15 persen. Di Badung terdapat 534 ST.

Mengenai lomba ogoh-ogoh, pihak panitia telah menyiapkan hadih menarik bagi para ST yang mendapatan juara. Antara lain pemenang akan diberikan hadiah berupa piala, piagam dan uang. Juara I sebesar Rp 25 juta, juara II Rp 20 juta, Juara III Rp 15 juta, harapan I,II,II masing-masing Rp 10 juta. *asa

Komentar