nusabali

Gaet Wisatawan, Nepal Belajar dari Bali

  • www.nusabali.com-gaet-wisatawan-nepal-belajar-dari-bali

Sebagai destinasti wisata dunia, Bali banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

MANGUPURA, NusaBali
Melihat kunjungan tiap tahun yang semakin meningkat itu, Negara Nepal mulai belajar dari Bali dalam meningkatkan kunjungan wisatawannya. Seperti halnya yang dilakukan berbagai travel agent yang berkonsultasi dengan Bali Tourism Board (BTB) yang digelar di Hotel Anantara, Seminyak, Badung pada Senin (21/1) malam.

Wakil Sekretaris Bali Tourism Board (BTB)  Luh Suciari menyambut baik langkah kerjasama yang dilakukan oleh Negara Nepal dalam promosi parawisata ini. Menurut dia, secara umum, culture Bali dan Nepal sendiri memiliki kesamaan. Hanya saja, paket wisata yang ada di Nepal memiliki ke khususan yakni untuk kalangan adventure. Pasalnya, paket wisata yang dikembangkan adalah kawasan pegunungan. Berbeda dengan Bali yang memiliki seluruhnya, mulai dari Pantai dan juga pegunungan "Tentunya kegiatan seperti ini akan kita dukung, Nepal menginginkan adanya kerjasama dalam parawisata, kita juga berharap, akan ada timbalbalik yakni dengan kunjungan darisana (Nepal, Red) ke Bali juga," ungkapnya disela-sela kegiatan itu. 

Diuraikannya, dari data yang dimiliki BTB, kunjungan wisatawan asal Nepal memang tidak secara spesifik dirincikan. Namun, wisatawan dari negara itu digabung dalam data kunjungan wisatan dari India yang saat ini berada di posisi ke tiga dibawah Australia dan Tiongkok. Ia pun berharap, dengan adanya langkah tersebut, dapat mensupport wisatawan asal Nepal untuk berkunjung ke Bali juga. "Harapan kami juga mendatangkan turis Nepal ke Bali. Kita memang belum pegang data pasti kunjungan wisatawan asal Nepal. Tapi, itu masih dimasukkan satu list dengan India. Meski demikian, yang saya dengar bahwa ada support wisatawan dari Nepal melalui programnya, sebulan dua kali. Untuk satu kali itu ada 40 orang. Nah, ini baru satu agent. Diharapkan dengan adanya agen-agen dari Nepal ini dapat mengejot wisatawan ke Bali juga," ungkapnya. 

Sementara, Director/Province Chief of Nepal Tourism Board (NTB) Mani Raj Lamichanne menyampaikan bahwa program promosi pariwisata ini sangat penting untuk Nepal. Bali sebagai destinasti wisata dunia tentu memberikan dampak yang baik untuk kemajuan wisata di Nepal sendiri. Ia menilai, wisatawan datang dari penjuru dunia untuk berkunjung ke Bali. Dengan adanya promosi ini, diharapkan bisa meningkatkan wisata di negaranya itu. Diuraikannya, bahwa Indonesia juga menjadi salah satu penunjang wisatawan untuk Nepal. Dimana, data yang dimiliki, pada tahun 2018 kedatangan turis dari Indonesia ke Nepal sebanyak 7.639 orang dari total turis yang datang sebanyak 1.173.072 orang. "Kita juga belajar dari Bali dalam mempromosikan wisata. Harapannya, lebih banyak lagi wisatawan ke Nepal terutama juga dari Indonesia kedepannya," harapnya.*dar

Komentar