nusabali

IB Made Sunartha Dikukuhkan Jadi Bendesa Adat Sangeh

  • www.nusabali.com-ib-made-sunartha-dikukuhkan-jadi-bendesa-adat-sangeh

Ida Bagus Made Sunartha dikukuhkan sebagai Bendesa Adat Sangeh periode 2019–2024, Minggu (20/1).

MANGUPURA, NusaBali
Pengukuhan Sunartha dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Ketua DPRD I Putu Parwata, Kadisbud IB Anom Bhasma, Kadisparda I Made Badra, Kabag Humas Setda Badung Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya, Perbekel Desa Sangeh I Made Werdiana, serta tokoh masyarakat setempat.

Ida Bagus Sunartha dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sangeh yang sudah memberikan kepercayaan dan dukungan kepadanya. Selaku Bendesa Adat Sangeh dirinya akan melanjutkan dan melaksanakan program-program pengurus adat yang lama. 

“Dalam jangka pendek, objek wisata alam Alas Pala dan wisata lainnya akan ditata dan kami memohon dukungan Pemkab Badung. Mudah-mudahan mulai Maret atau April sudah bisa digarap,” ucap anggota Fraksi PDIP DPRD Badung ini. 

Diharapkan ke depan desa adat bersama masyarakat dapat mewujudkan segitiga emas yang ada di Desa Sangeh yaitu Alas Pala, Mumbul, dan Tanah Wuk.

Bupati Giri Prasta memberikan ucapan selamat kepada Ida Bagus Made Sunartha. Bupati menegaskan bahwa Desa Sangeh adalah salah satu desa wisata di Kabupaten Badung, diharapkan masyarakat Desa Sangeh yang terdiri dari lima banjar bersatu mewujudkan Desa Wisata Sangeh.

Desa wisata merupakan home basenya, dari beberapa wisata yang dikembangkan di desa seperti agro wisata, eko wisata, culture wisata, dan health wisata. Dicontohkan, pengembangan desa wisata di Sangeh ini, rumah penduduk akan dijadikan beberapa kamar setara dengan kamar hotel berbintang. “Wisatawan dapat menginap di rumah penduduk dan pembayarannya langsung kepada pemilik rumah dan akan menguntungkan masyarakat itu sendiri,” katanya.

Untuk diketahui, dalam proses pemungutan suara yang dilakukan pada Minggu (30/12), Sunartha unggul telak. Sunartha memperoleh 1.262 suara, sedangkan calon lainnya atas nama Ida Bagus Ketut Mertha memperoleh 587 suara.

Ida Bagus Made Sunartha asal Banjar Muluk Babi Sangeh, kelahiran 17 Juni 1958. Perkawinannya dengan Ida Ayu Ketut Suati dikaruniai dua orang anak, Ida Ayu Putu Lestari Dewi dan Ida Bagus Made Merta Dewa. Saat ini Sunartha adalah anggota Fraksi PDIP di DPRD Badung. *asa

Komentar