nusabali

Diperbaiki, Ekskavator Terbakar

  • www.nusabali.com-diperbaiki-ekskavator-terbakar

Sejumlah warga dihebohkan peristiwa kebakaran satu unit ekskavator di areal lahan kosong sebelah barat SMAN 2 Negara, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Senin (21/1) siang.

NEGARA, NusaBali
Eskavator milik seorang pengusaha bengkel, Basuki Widodo, 53, dari Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, itu diduga terbakar karena mengalami korsleting saat diperbaiki pemiliknya.

Berdasar informasi, peristiwa kebakaran alat berat itu terjadi sekitar pukul 11.15 Wita. Kejadian berawal ketika sang pemilik ekskavator yang juga membuka usaha bengkel di sebelah barat areal lahan kosong itu, berusaha memperbaiki eksvatornya yang rusak. Setelah diotak-atik dan mencoba menghidupkan mesin ekskavator, tiba-tiba terjadi korsleting pada mesin, dan api langsung membesar.

Melihat kebakaran tersebut, korban langsung menghubungi petugas Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol Pol PP Jembrana. Begitu menerima laporan, dua regu petuga damkar beserta dua unit mobil damkar yang bermarkas tidak jauh dari TKP, dikerahkan untuk memadamkan api yang telah melahap setengah badan ekskavator tersebut. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.45 Wita. “Lama penanganan sekitar 30 menit. Apinya memang cukup besar, dan air habis sampai 2 tangki,” ujar Kasi Damkar Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Jembrana Kade Bagus Darmawan.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa kebakaran ekskavator tersebut. Kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 200 juta. “Peristiwanya, karena terjadi korsleting pada mesin saat diperbaiki. Kemungkinan percikan api menyambar bahan bakar dekat mesin sehingga api seketika membesar,” kata Bagus Darmawan yang memimpin langsung pemadaman kebakaran ekskavator. *ode

Komentar