nusabali

Kapal Pesiar MS Maasdam Sandar di Celukan Bawang

  • www.nusabali.com-kapal-pesiar-ms-maasdam-sandar-di-celukan-bawang

Sebanyak 1.095 orang penumpang kapal pesiar MS Maasdam, tiba di Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Senin (21/1) pagi kemarin.

SINGARAJA, NusaBali
Kapal di bawah perusahaan Holland America Line itu baru pertama kali singgah di Buleleng untuk menikmati keindahan destinasi wisata di Buleleng.

Kapal  sepanjang 190 meter, lebar 30 meter dan tinggi 7,7 meter itu, dengan nahkoda Captain Ane Jan Smit, bersandar pada pukul 07.00 WITA di dermaga Pelabuhan Celukan Bawang. Sebelumnya kapal peseiar bergengsi ini, berlayar dari pelabuhan Darwin, Australia dan akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Komodo setelah singgah di Buleleng.

Kapal berbendera Belanda ini selain mengangkut 1.095 orang penumpang kapal yang rata-rata berasal dari  Amerika Serikat, Kanada, Prancis dan Australia, Inggris, Selandia Baru, Belanda, Israel, hingga Jerman, juga membawa 569 crew kapal. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng,  Nyoman Sutrisna mengatakan Buleleng patut berbangga dengan kunjungan kapal pesiar MS Maasdam, karena perusahaan ini sangat selektif untuk menentukan daerah kunjungannya.

“Jadi tidak mudah untuk mendatangkan kapal ini. Kapal dibawah perusahaan Holland America ini memiliki persyaratan dan kriteria yang sangat detail. Sehingga kami cukup berhati-hati mendapat kesempatan ini, termasuk melakukan identifikasi kesukaan penumpang yang disesuaikan dengan destinasi yang kami miliki,” ujar Sutrisna.

Dari 1.050 orang wisatawan, sebanyak 323 wisatawan yang turun untuk menjelajahi dan menikmati wisata di Buleleng. Sebagian memilih city tour, kunjungan ke Danau Buyan dan Tamblingan, Danau Beratan, dan tempat-tempat bersejarah di Buleleng. Untuk wisatawan yang lain melakukan kunjungan wisata dengan menggunakan jasa travel freelance.  

Sementara itu, kedatangan kapal pesiar MS Maasdam ini disambut langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Bupati Suradnyana juga sempat masuk ke dalam kapal untuk bertemu dengan Kapten kapal. Setelah sempat mengobrol bersama kapten, dirinya lalu memberikan cenderamata kepada kapten kapal berupa miniatur patung Singa Ambara Raja.

Bupati asal Banyuatis ini mengatakan, sangat mengapresiasi kedatangan MS Maasdam ini. Dirinya mengaku akan terus melakukan perkembangan di sektor pariwisata sejalan dengan semakin banyaknya kunjungan kapal pesiar ke Buleleng. “Kalau yang tur kita perbaiki destinasi wisatanya, dan untuk yang tinggal di kapal kita akan perbaiki areal yang ada di sini,” ujarnya.*k23

Komentar