nusabali

Evakuasi Material Longsor Tebing Danau Batur Selesai

  • www.nusabali.com-evakuasi-material-longsor-tebing-danau-batur-selesai

Setelah berjuang selama empat hari, petugas BPBD akhirnya berhasil selesaikan evakuasi material longsor tebing Bukit Abang di atas Danau Batur kawasan Banjar Dukuh, Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, Bangli, Senin (21/1).

BANGLI, NusaBali
Kendati masih berlumpur, namun badan jalan yang sempat tertutup material longsor sepanjang 60 meter hingga menyebabkan warga dua desa terisolasi, Desa Abang Batudinding dan Desa Trunyan, kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Kasi Kedaruratan BPBD Bangli, Ketut Agus Sutapa, mengatakan akses jalan sudah bisa dibuka setelah proses evakuasi hari keempat. Seluruh material longsor berupa tanah dan pecahan batu kemarin sudah berhasil dievakuasi ke tepi danau. Kini, tinggal penataan lagi. “Siang ini (kemarin) warga sudah bisa melintas dengan kendaraan roda dua,” jelas Agus Sutapa saat dikonfirmasi NusaBali.

Agus Sutapa menyatakan, saat ini masih berpotensi terjadi longsor susulan. Karena itu, di sekitar lokasi longsor dipasang peringatan dini berupa tulian dalam spanduk. "Jalur tersebut memang sudah bisa dilalui, namun kami ingatkan warga yang hendak melintas untuk berhati-hati. Jalur tersebut kawasan rawan longsor, terlebih saat ini musin hujan," katanya.

Dengan telah dibukanya akses jalan penghubung desa-desa Lintang Danu yakni Desa Kedisan, Desa Buahan, Desa Abang Batudinding, dan Desa Trunyan, maka warga dua desa tidak lagi terisolasi. Sebanyak 10 unit boat yang sempat dikerahkan Pemkab Bangli untuk melayani angkutan warga melalui jalur danau secara gratis, pun tidak dioperasikan lagi.

Tebing Bukit Abang sendiri sebelumnya longsor, Kamis (17/1) siang sekitar pukul 14.00 Wita. Material longsor yang menimbun badan memanjang sejauh 60 meter. Timbunan material menggunung setebal hampir 3 meter. Upaya evakuasi sempat terkendala karena turun hujan, selain jalan yang sempit hingga jmlah alat berat yang dikerahkan terbatas. *es

loading...

Komentar