nusabali

KPU Mulai Cetak Kertas Suara Pemilu 2019

  • www.nusabali.com-kpu-mulai-cetak-kertas-suara-pemilu-2019

Ratusan juta surat suara Pemilu 2019 resmi dicetak yang disebar di berbagai titik.

MAKASSAR, NusaBali
Salah satunya dicetak oleh PT Adi Perkasa, di Jalan Adipura, Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pencetakan ini disaksikan langsung Komisioner KPU, Viryan Azis serta Koordinator Divisi Pelanggaran dan Penanganan Bawaslu RI, Ratna Dewi Petalolo.

Keduanya tiba di Makassar, Minggu (20/1) sekitar pukul 11.00 Wita. Kehadirannya untuk melihat proses mencetak surat suara Pemilu 2019 berlangsung aman dan lancar. Bahkan selama proses cetak surat suara, dijaga ketat oleh polisi bersenjata lengkap.

"Kita mulai pencetakan perdana surat suara untuk Pemiliu 2019. Jadi akan dicetak beberapa titik di Indonesia bukan di luar negeri, tapi dalam negeri jumlah surat 939 juta surat suara dimulai hari ini dan dilanjutkan di seluruh daerah di Indonesia, distribusikan prioritas yang jauh, Papua," Komisioner KPU, Viryan Azis di Makassar dilansir detik.com.

Selain di Makassar, surat suara Pemilu 2019 akan dicetak di dua daerah di Indonesia, seperti Jakarta dan Surabaya, serta akan selesai pada awal Maret 2019.

"Siang ini juga dimulai di Surabaya dan Jakarta dimulai juga percetakan perdana. Selambat-lambatnya selesai awal Maret 2019," jelasnya.

Surat suara Pemilu 2019 yang telah selesai dicetak akan disortir dan di-packing kemudian akan dikirim ke kabupaten/kota di Indonesia untuk disampaikan ke PPS setempat. Sedangkan yang rusak kemudian akan dimusnahkan.

"Setiap surat suara yang selesai langsung dikirim ke kabupaten/kota dan akan disortir dan surat suara yang bagus benar adanya dan akan di-packing dan disampaikan ke PPS," paparnya dilansir detik.com. 

Total ada 939.879.651 lembar surat suara yang harus diproduksi. Komisioner KPU, Ilham Saputra memulai percetakan itu secara simbolis di Gedung Kompas Gramedia sebagai salah satu konsorsium percetakan surat suara itu. "Hari ini adalah hari percetakan surat suara perdana dan hari ini juga kita serentak di Makassar, di Surabaya, dan di Jakarta," ucap Ilham di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Barat, Minggu kemarin. *

Komentar