nusabali

Pembangunan Gedung Baru RSUD Mangusada Mulai Digarap

  • www.nusabali.com-pembangunan-gedung-baru-rsud-mangusada-mulai-digarap

Proyek pembangunan gedung baru di RSUD Mangusada di Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, yang rencana terdiri dari blok D, blok F, dan blok G, sudah mulai dikerjakan.

MANGUPURA, NusaBali
Pembangunan gedung baru bernilai Rp 262 miliar tersebut ditarget rampung pada September 2020 mendatang.

“Iya, sudah dikerjakan (pembangunan gedung baru, Red). Bahkan, perataan tanah sebagai persiapan sudah dilakukan oleh pelaksana proyek sejak Desember 2018 lalu,” ungkap Dirut RSUD Mangusada dr Nyoman Gunarta, Minggu (20/1).

Namun, mengenai teknis kapan proyek dikerjakan dan sampai kapan target pengerjaan ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung. “Yang jelas, tugas kami menyosialisasikan kepada para pasien dan masyarakat terkait pembangunan gedung baru ini. Termasuk menyampaikan permakluman barangkali menyebabkan ketidaknyamanan selama pengerjaan proyek,” tegasnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung IB Surya Suamba, juga membenarkan bilamana proyek pembangunan gedung baru di RSUD Mangusada sudah mulai dikerjakan oleh pihak rekanan. “Proyek sudah mulai dan dikerjakan oleh PT Tunas Jaya Sanur. Proyek ini sifatnya tahun jamak (multi years), hingga September 2020,” jelasnya.

Sesuai dengan perencanaan awal, lanjut Surya Suamba, ada tiga gedung baru yang akan dibangun, yakni gedung blok D, blok F, dan blok G. Gedung D rencana akan digunakan untuk poliklinik dengan sistim cluster, dan ruang rawat inap untuk kelas II dan kelas I. 

Untuk gedung F, rencana awal bakal dimanfaatkan untuk pusat onkologi pelayanan khusus kanker, ruangan pelayanan eksklusif seperti pelayanan bayi tabung, dan ruangan khusus rawat anak. Ruang penghubung kedua blok ini akan digunakan untuk ruangan operasi emergency. Sementara, untuk blok G rencananya bakal menjadi pusat pelayanan cuci darah. Blok G juga akan menjadi pusat manajemen, untuk pendidikan dan pengembangan, dapur serta laundry.

Belum lama ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Badung I Made Wira Dharmajaya, memastikan proyek prioritas Pemkab Badung bakal tuntas pada tahun 2020 mendatang, salah satunya adalah pembangunan gedung baru di RSUD Mangusada. “Untuk proyek RSUD Mangusada pelaksanaan fisik dimulai tahun 2019 ini. Targetnya pada tahun 2020, proyek multi years tersebut sudah rampung,” katanya. *asa

loading...

Komentar