nusabali

Jelang Imlek, Okupansi Bergerak Naik

  • www.nusabali.com-jelang-imlek-okupansi-bergerak-naik

Okupansi yang melesat saat Nataru sempat meredup pasca perayaan Tahun Baru, kini mulai menaik lagi seiring datangnya Imlek.

DENPASAR, NusaBali
Semakin mendekat datangnya Tahun Baru China/Imlek 2570 pada 5 Februari depan, okupansi atau tingkat hunian hotel di Bali ikut mengalami peningkatan. Rata-rata tingkat hunian hotel  di Bali, khususnya hotel berbintang sudah 80 persen. Diprediksi tren ini akan terus meningkat mendekati puncak Imlek. Apalagi di Bali sendiri akan digelar parade budaya yakni Festival Batur yang memanfaatkan momen Imlek dengan tujuan memulihkan kunjungan wisatawan Tiongkok yang sempat anjlok pada November lalu.

“Mengacu tahun-tahun sebelumnya diperkirakan akan kembali fully booked nanti,” ujar GM Sovereign, Kuta  I Made Ramia Adnyana. Pihak hotel kini memang tengah mempersiapkan hal yang berkaitan dengan Imlek untuk mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin. Mulai dari hiasan bernuansa Imlek, paket dinner special, hingga kesenian pertunjukan barongsai. “Kami memang punya paket Chinese New Year,” lanjut  Ramia. Khusus untuk atraksi barongsai, akan dipentaskan nanti pada puncak Imlek.

Dihubungi terpisah Ketua Bali Hotel Assosiation (BHA), Ricky Putra, mengatakan segala persiapan yang dilakukan pihak hotel, tentu saja bertujuan memberi pelayanan atau servis sebaik mungkin kepada tamu. “Termasuk kepada tamu maupun wisatawan yang merayakan Imlek,” kata Ricky Putra. 

Masing-masing hotel anggota BHA, kata Ricky Putra, tentu memiliki program atau paket khusus yang bertalian dengan setiap momen khusus, seperti tahun baru, even lain, termasuk perayaan tahun baru China atau Imlek. “Kami kira semua teman-teman hotel pasti berupaya maksimal memberi kesan positif kepada tamu,” kata Ricky. 

Tujuan bukan saja kepuasan pada saat momen – saat ini saja, namun juga untuk menarik wisatawan berkunjung lagi di lain waktu. “Astungkara tingkat hunian sekarang sudah 85 persen,” kata Ricky Putra yang juga  GM The Royal Santrian  Luxury Villa Beach, Tanjung Benoa Badung.

Khusus untuk Imlek, Pemprov Bali dan pelaku pariwisata berharap paling tidak 3.000 wisman China bisa didatangkan pada Festival Batur nanti yang  memanfaatkan momen Imlek tahun ini. Sedang pada tahun 2019, 2 juta wisman China bisa didatangkan atau paling tidak 1,6 juta wisatawan China. *k17

Komentar