nusabali

Thailand dan Vietnam Hadapi Ujian Berat di Babak 16 Besar

  • www.nusabali.com-thailand-dan-vietnam-hadapi-ujian-berat-di-babak-16-besar

Thailand dan Vietnam menghadapi ujian berat di fase gugur atau babak 16 besar Piala Asia 2019.

ABU DHABI, NusaBali
Thailand bertemu China, negara yang saat ini memiliki liga yang terbilang mewah di Asia. Adapun Vietnam berjumpa Jordania, negara yang mengalahkan Australia di fase grup.

Tiga negara anggota Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) Thailand, Vietnam, plus Australia lolos ke 16 besar. Australia dan Thailand sebagai runner-up grup, sedangkan Vietnam lolos dari fase grup secara dramatis melalui peringkat ketiga terbaik, bersaing dengan lima negara lain.

Di 16 besar, Thailand dan Vietnam di bagan yang sama. Sedangkan Australia berjuang di bagan bawah. Australia, yang juara bertahan melawan Uzbekistan. Sedangkan dua favorit juara, Korea Selatan dan Jepang berjumpa negara-negara Timur Tengah. Korsel menghadapi Bahrain, dan Jepang bertemu Arab Saudi.

Sebelumnya, kejadian menarik dialami empat negara, yakni Kyrgystan, Oman, Vietnam, dan Lebanon harus berjuang lolos ke 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Dari enam negara di tiap grup, hanya empat yang lolos dari fase grup. Perhitungan poin diklasifikasikan menurut tingkatan tertinggi, yakni poin, selisih gol, produktivitas gol, poin kedisiplinan (ditunjukkan perolehan kartu kuning dan merah), dan terakhir undian.

Kyrgystan dan Oman sebenarnya sama-sama lolos. Namun, dua negara itu mengumpulkan poin sama, yakni tiga poin, dengan selisih gol (4-4) dan produktivitas gol (0) sama pula. Maka penentuan peringkat ketiga terbaik dilakukan melalui poin kedisiplinan. Atas dasar tersebut, posisi Kyrgystan (-5) lebih baik ketimbang Oman (-6).

Hal sama juga berlaku bagi Vietnam dan Lebanon. Vietnam dan Lebanon memiliki poin, selisih gol (4-5), dan produktivitas gol sama (-1). Namun Lebanon tersingkir karena poin kedisiplinannya minus tujuh, dan Vietnam hanya minus lima. Kyrgystan, Oman, dan Vietnam pun melaju ke putaran berikutnya Piala Asia 2019. Mereka menemani Bahrain (grup A) yang menjadi pemuncak peringkat ketiga terbaik dengan raihan empat poin. *ant

Komentar