nusabali

Pemasangan Paving di Pura Penataran Agung Nangka

  • www.nusabali.com-pemasangan-paving-di-pura-penataran-agung-nangka

Penitia pembangunan memasang paving dengan volume 2.685 meter persegi di Pura Penataran Agung, Desa Pakraman Nangka, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Pemasangan paving melibatkan 17 tenaga kerja.

AMLAPURA, NusaBali

Pemasangan paving ini diharapkan rampung selama 30 hari kerja. Ketua Panitia Pembangunan, I Gusti Made Tusan, mengatakan pekerja mengawali memasang paving utama mandala. Gundukan tanah dikeruk agar rata kemudian dipasangi paving. Biaya pengadaan paving dan ongkos tenaga kerja menggunakan dana punia. Setelah seluruh lantai terpasang paving, pamedek lebih nyaman menggelar persembahyangan. “Paving dipasang dengan cara miring ke selatan agar memudahkan air hujan terbuang. Lubang pembuangan air juga telah disiapkan,” jelas I Gusti Made Tusan, Jumat (18/1).

Program lanjutan yakni membangun pasraman sulinggih, pasraman pamangku, pewaregan, wantilan, dan bangunan pendukung lainnya. Target pembangunan lanjutan di Pura Penataran Agung tuntas di tahun 2019. Sebab anggaran telah terpasang di APBD 2019, tinggal dimohon oleh Perbekel Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem. Begitu usulan diajukan dan mendapatkan persetujuan Bupati Karangasem, maka anggaran pembangunan itu masuk ke rekening Desa Bhuana Giri. “Setelah anggaran masuk rekening Desa Bhuana Giri, barulah pihak desa menindaklanjuti menggelar tender,” jelasnya.

Gusti Made Tusan berharap kelancaran pembangunan di Pura Penataran Agung, tidak ada pihak tertentu yang mengintervensi kinerja Desa Bhuana Giri, terkait realisasi dana BKK (Bantuan Keuangan Khusus). Sebab penggunaan dana BKK tersebut yang direalisasikan pihak Desa Bhuana Giri nantinya secara administrasi dipertanggungjawabkan ke Bupati Karangasem. Terpisah, koordinator pekerja, Ngurah Sujana, mengatakan pekerjaan pasang paving tidak ada hambatan. “Kami targetkan selesai selama 30 hari. Secara teknis, tidak ada hambatan,” kata Ngurah Sujana. Seluruh material telah siap, begitu juga tenaga kerja. *k16

loading...

Komentar