nusabali

Hari Ini, Gelar Harmoni Tabanan Shalawat

  • www.nusabali.com-hari-ini-gelar-harmoni-tabanan-shalawat

Dibuka Gubernur Koster, Dihadiri 5.000 Orang

TABANAN, NusaBali
Guna memperkuat nilai kebhinekaan, Kabupaten Tabanan melalui Gerakan Pemuda Ansor Tabanan menggelar Tabanan Harmoni Shalawat di Lapangan Alit Saputra, Sabtu (19/1) malam ini. Kegiatan yang berintikan doa bersama ini akan dihadiri sekitar 5.000 orang ini, mendatangkan Habib Syekh dan rencananya dibuka Gubernur Bali I Wayan Koster.

Acara ini akan menarik perhatian khalayak karena akan digelar perbaduan budaya Nusantara yakni pentas seni Barong Say dan Barong ket. Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya didampingi Ketua GP Ansor Tabanan, Antoni selaku ketua panitia dan perwakilan dari Yayasan Ekalaya, Putu Yuni Widyadnyani, mengatakan doa bersama yang digelar tersebut untuk mendeklarasikan kebhinekaan dan visi membumikan Pancasila. "Ini adalah sesuatu yang baik bagi bangsa. Apalagi membicarakan Pancasila tentu jangkuanya luas, bukan hanya Tabanan saja," ujarnya, Jumat (18/1).

Dikatakan, doa bersama digelar di Tabanan lantaran Tabanan memiliki catatan. Dimana tahun 2017 Kabupaten Tabanan  telah dinobatkan sebagai kabupaten yang toleran dengan diraihnya Harmony Award 2017. Penghargaan tersebut yang merupakan apresiasi Kementerian Agama RI terhadap program penguatan kualitas kerukunan umat beragama. "Kabupaten Tabanan dinilai berkontribusi luar biasa, dan terbaik dalam memberikan pelayanan kerukunan umat beragama. Kontribusi itu mengacu pada berbagai aspek, di antaranya aspek dukungan anggaran dan dukungan kebijakan pemerintah," jelas Sanjaya.

Kata Sanjaya, berbagai unsur akan hadir, antara lain Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) seluruh Bali. "Oleh karena itu saya berharap doa bersama ini mampu memperkokoh toleransi bangsa di tengah persoalan hoax ujaran kebencian hingga terorisme," ucap Sanjaya.

Sanjaya menegaskan, kegiatan ini tidak ada hubunganya dengan politik, meski saat ini gencarnya masa kampanye untuk Pemilu 17 April 2019. Justru doa bersama ini digelar juga untuk mendoakan supaya Pemilu tahun 2019 berjalan aman khususnya di Tabanan.

Hal serupa disampaikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Ia menyampaikan dalam kegiatan doa bersama itu juga akan diisi dengan Deklarasi Kebhinnekaan Membumikan Pancasila. “Ini adalah wujud nyata dalam menumbuhkembangkan perilaku dengan karakter bijak, toleran, dan cinta NKRI. Saya harap umat muslim harus semakin kuat dalam menyuarakan perdamaian, menyejukkan hati dan pikiran dengan selalu menjaga persatuan.” tegasnya.

Bupati Eka menuturkan, dipilihnya Kabupaten Tabanan sebagai lokasi kegiatan, karena di tahun 2017 Kabupaten Tabanan  telah dinobatkan sebagai kabupaten yang toleran dengan diraihnya Harmony Award 2017. "Jadi bukan sekadar penghargaan saja, tetapi sudah dibuktikan dengan kegiatan sehari-hari," tegasnya.

Ketua GP Ansor Tabanan Antoni menambahkan sebelum diadakan doa bersama berbagai kegiatan dilakukan. Mulai dari pementasan budaya Nusantara, kemudian baru pukul 19.00 Wita Tabanan Harmoni Shalawat digelar. "Karena akan dihadiri 5.000 orang, kami sudah koordinasi dengan polisi terkait keamanan dimana acara akan berakhir pukul 23.00 Wita," tandasnya.*de

loading...

Komentar