nusabali

Lawan Blitar United, Teco Antisipasi Pemain Cedera

  • www.nusabali.com-lawan-blitar-united-teco-antisipasi-pemain-cedera

Pelatih baru Bali United Stefano Cugurra Rodrigues atau akrab disapa Teco sedang berupaya mengantisipasi agar pemainnya tidak cedera, saat laga tandang ke markas Blitar United pada Kamis (24/1).

MANGUPURA, NusaBali

Antisipasi itu dilakukan karena para pemain Serdadu Tridatu baru libur panjang. Jadi, fisiknya dinilai masih kelelahan dan belum bugar. Untuk itu tahapan pengembangalian fisik wajib dilewati dengan baik sesuai program yang ditetapkan.

"Kami tidak asal pasang pemain, pemain baru datang langsung masuk starting eleven atau tim 11. Saya inginkan, siapa latihan sejak awal itu yang kami utamakan," ucap Teco, di Lapangan Tri Sakti, Jumat (18/1). Sebab, kata pelatih asal Brasil itu, Bali United memiliki 30 pemain. Jadi untuk 11 pemain yang paling siap dari segi fisik masih sangat memungkinkan.

"Makanya saya terus pantau kondisi fisik pemain yang paling siap dan kerja keras selama latihan, itu yang akan kami pasang," terang Teco. Antisipasi cedera harus dilakukan. Teco mengaku tidak suka dengan pemain yang baru datang, lalu dipasang dalam tim dan langsung bertanding. Jika dipaksakan dan hanya mencari kualitas, sedangkan faktor fisik diabaikan, menurut Teco, akibatnya bisa cedera pemain yang bersangkutan. Pemain yang baru bergabung seperti Melvin Platje, dan Irfan Bachdim. Bahkan Stefano Lilipaly juga masih di Belanda karena urusan pribadi yang penting.

"Stefano sudah izin manajemen. Jadi, masih banyak pemain lainnya yang diproyeksikan turun menghadapi Blitar United nanti. Soal full tim atau mengutamakan pemain lokal sebagai apresiasi peningkatan jam terbang, Teco mengaku silakan saja lihat sesuai perkembangan. Sebab, usai konsentrasi fisik secara perlahan mulai melakukan latihan ball posision.

"Belum ke tahap benar-benar taktikal. Jadi masih butuh pemantauan fisik pemain," tandas Teco.

Menurut Teco, setiap tahapan wajib dilalui dengan baik. Terurama program awal, yakni aerobik dengan berlari yang menjadi bagian pengembalian fisik. Selanjutnya dibuat dalam bentuk sirkuit. Kemudian pemain dibagi ke dalam beberapa tim untuk latihan ball position. Seteah itu, baru menginjak ke tahap taktikal.  "Kami akui fisik belum begitu siap. Sebab, intensitas pergerakan kan harus cepat," tegas Teco. *dek

Komentar