nusabali

Waspadai Hujan dan Angin Kencang

  • www.nusabali.com-waspadai-hujan-dan-angin-kencang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan ada hujan disertai angin kencang dan petir di sejumlah kawasan di Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

JAKARTA, NusaBali
Wilayah tersebut mencakup beberapa kawasan di Sumatera hingga Papua. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo menjelaskan, hujan disertai angin kencang dan petir tersebut diperkirakan akan terjadi dari 16 Januari hingga 22 Januari 2019.

"Teridentifikasi adanya massa udara dingin dari Asia menjalar masuk ke wilayah Selat Karimata, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan dan massa udara basah dari Samudra Hindia memasuki perairan Barat Bengkulu, Selat Sunda, Lampung, Jawa, Bali, NTB hingga NTT," kata Mulyono dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (17/1).

"Selain itu, adanya pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Selatan Jawa dan adanya beberapa sirkulasi angin yang dapat membentuk pola konvergensi / area pertemuan angin yang memanjang dari wilayah perairan barat Sumatera, Jawa hingga Laut Banda," jelasnya.

Mulyono menambahkan, pertemuan angin tersebut dapat mendukung pertumbuhan awan hujan secara signifikan.

"Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam periode beberapa hari kedepan di sekitar wilayah Indonesia," jelasnya.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tutur Mulyono. *

Komentar