nusabali

Tempat Laundry Tertimpa Pohon Jem pinis

  • www.nusabali.com-tempat-laundry-tertimpa-pohon-jem-pinis

Tempat laundry milik I Kadek Minggu Artawa, di Banjar Telaga, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, tertimpa pohon tumbang, Rabu (16/1) sore.

AMLAPURA, NusaBali
Akibat kejadian itu, atap tempat pencucian baju itu mengalami kerusakan. Pohon jenis Jempinis yang tumbang menimpa bangunan itu diduga akibat hujan lebat dan angin kencang. 

Informasi di lapangan, jempinis berdiameter 50 cm dengan tinggi 15 meter itu akarnya telah keropos. Musibah itu dilaporkan Sekretaris Desa Sibetan I Wayan Suparjana kepada TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Karangasem. Petugas TRC dikoordinasikan Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa langsung menuju lokasi. Penanganan sekitar 30 menit, seluruh ranting dan dahan potong tuntas dibersihkan. Areal tempat usaha laundry itu kotor dipenuhi pecahan genteng dan plafon. 

Kadek Minggu Artawa mengatakan, saat kejadian laundry dalam keadan kosong. “Syukurnya jempinis yang roboh agak menyamping, hanya atap saja yang rusak,” katanya. Sementara Kepala Pelaksana Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengimbau warga lebih berhati-hati menghadapi musim hujan, terutama yang bermukim dekat pohon tinggi dan besar. “Sebaiknya pohon yang telah tua, rawan roboh, ditebang saja. Kami siap membantu menebang pohon itu agar tidak membahayakan,” pintanya.

IB Arimbawa mengaku telah bersurat ke para camat se-Karangasem agar diteruskan ke perbekel. Harapannya pohon yang telah tua yang tumbuh di pinggir jalan direlakan untuk ditebang. Ternyata tidak ada tindaklanjutnya. Apalagi di jalur Banjar Telaga, Banjar Kalanganyar di Desa Sibetan, sepanjang akses jalan itu penuh dengan pohon di pinggir jalan. Bahkan ada pohon kelapa yang telah mati tinggal batangnya saja tidak juga ditebang. *k16

loading...

Komentar