nusabali

Karangasem Siap Jadi Tuan Rumah JKPI

  • www.nusabali.com-karangasem-siap-jadi-tuan-rumah-jkpi

Kepercayaan itu didapatkan setelah Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dikukuhkan jadi Ketua Presidium JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia) masa bhakti 2018-2019 dalam acara Rakernas VI JKPI 2018 di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 26 Oktober 2018.

AMLAPURA, NusaBali
Ketua Panitia Festival Pusaka Nusantara dan Rapat Kerja Nasional JKPI, I Putu Arnawa, menegaskan secara teknis tidak ada hambatan Karangasem sebagai tuan rumah. “Kepanitiaan telah terbentuk, agenda telah kami rancang, dan buku panduan telah kami susun,” jelas I Putu Arnawa yang juga Kepala Dinas Kebudayaan Karangasem, Kamis (17/1). Kepanitiaan yang telah terbentuk termasuk menentukan seksi-seksi  yang secara khusus mengurus acara yakni seksi gelar budaya, seksi pameran budaya, seksi pameran keris, dan sebagainya.

Pada Jumat (21/6) pukul 19.00 Wita digelar jamuan makan malam mengundang seluruh tamu undangan di Taman Sukasada Ujung. Selanjutnya Sabtu (22/6) acara puncak festival ditandai pawai budaya di Stadion Gunung Agung Jalan Veteran Amlapura, berlanjut gelar budaya dari berbagai daerah. Sebelumnya Bupati Mas Sumatri sebagai Ketua Presidium JKPI menggantikan Walikota Bau Bau, Sulteng, AS Tamrin, masa bhakti 2017-2018. Selanjutnya ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan festival.

I Putu Arnawa menjelaskan, syarat jadi anggota JKPI mesti memiliki keanekaragaman pusaka alam dan atau pusaka budaya, serta ditetapkan sebagai kota pusaka. JKPI yang dideklarasikan di Solo pada tahun 2008 beranggotakan 12 kabupaten/kota, ditetapkan sebagai Ketua Walikota Solo Joko Widodo, sedangkan Karangasem masuk anggota JKPI tahun 2014. Di saat Bupati Mas Sumatri dinobatkan sebagai Ketua Presidium JKPI, telah beranggotakan 66 kabupaten/kota se-Indonesia. Saat penyerahan jabatan Ketua Presidium JKPI di Solo, disaksikan Direktur Eksekutif JKPI Asfarinal, Pembina Himpunan Pelestari Pusaka Nusantara Hasjim Djojohadikusumo, dan segenap anggota JKPI.

Penyandang jabatan Ketua JKPI sebelumnya masa bhakti 2015-2016 Walikota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal, Ketua 2016-2017 Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata, Ketua 2017-2018 Walikota Bau Bau AS Tamrin. “Bertepatan HUT Kota Amlapura, kita menyelenggarakan Festival Pusaka Nusantara, ini berkah bagi masyarakat Karangasem,” jelas I Putu Arnawa. Sementara Bupati Mas Sumatri mengingatkan agar segenap panitia bersinergi dengan para pelaku seni di Karangasem. “Ini festival tingkat nasional pertama dalam sejarah Karangasem. Mari kita persiapkan secara optimal,” ajaknya. *k16

Komentar