nusabali

Hari Ini, Kios Cenderamata di DTW Bedugul Diundi

  • www.nusabali.com-hari-ini-kios-cenderamata-di-dtw-bedugul-diundi

Daya Tarik Wisata (DTW) Bedugul di Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, Tabanan terus dibenahi.

TABANAN, NusaBali
Sejumlah kios yang telah rampung dibangun menggunakan dana anggaran khusus (DAK) mulai diundi. Pengundian diperuntukkan bagi warga sekitar DTW, atau yang sudah pernah berjualan di lokasi dimaksud semasih DTW berjaya. 

Kepala Dinas Pariwisata Tabanan I Made Yasa, mengatakan pengundian akan dilakukan besok (hari ini), Jumat (18/1). Ada 17 kios yang akan diundi. “Rencana besok (hari ini) kami undi,” ungkapnya, Kamis (17/1). 

Dikatakan pengundian kios yang berada di kompleks DTW Bedugul tersebut terlebih dahulu diperuntukkan bagi warga sekitar. Khususnya masyarakat yang sudah pernah berjualan ataupun menyewa kios saat DTW Bedugul jaya. Jika ada kios yang belum terisi, barulah akan diberikan kepada warga di luar kawasan DTW atau Desa Batunya. “Sudah ada yang daftarkan diri untuk rebutkan 17 kios. Dan mudah-mudahan lancar,” harapnya. 

Terkait dengan biaya sewa, Yasa mengaku sangat murah. Penyewa yang telah mendapatkan nomor undi membayar Rp 4 juta per tahun. Disewakan murah lantaran baru tahap awal untuk memulai proses. 

Yasa menambahkan, para penyewa yang sudah mendapatkan nomor undi sudah bisa mulai berjualan sepanjang sudah siap segala hal. Untuk barang yang dijual yang jelas produk yang dihasilkan Tabanan, seperti souvenir, kuliner, dan lainnya. “Apabila sudah siap, sudah bisa berjualan setelah dapatkan nomor undi, karena pengunjung sudah mulai ada yang datang ke DTW meski tidak dalam jumlah banyak,” tandasnya. 

Sekadar diketahui, dilakukan pembenahan DTW Bedugul dengan bantuan anggaran dari DAK sebesar Rp 2,47 miliar. Pembenahan berupa dibangunnya tempat parkir, kios cenderamata, dan toilet berstandar nasional. 

Pada 31 Oktober 2018 DTW Bedugul sudah dibuka untuk umum. Sementara  tarifnya untuk wisatawan manca negara dewasa Rp 15 ribu per orang, anak-anak Rp 10 ribu. Sedangkan domestik dewasa Rp 10 ribu dan untuk anak-anak Rp 7.500 per orang. *de

loading...

Komentar