nusabali

Wisata Lempuyang Ditutup Dua Hari

  • www.nusabali.com-wisata-lempuyang-ditutup-dua-hari

Wisatawan boleh saja ke Lempuyang tetapi menyaksikan prosesi upacara dari luar panyengker pura.

AMLAPURA, NusaBali
Objek Wisata Pintu Surga di jaba Pura Penataran Sad Kahyangan Lempuyang, Desa Pakraman Purwayu, Desa Tri Buana, Kecamatan Abang, Karangasem, ditutup selama dua hari. Wisatawan tidak bisa berswafoto di Pintu Surga pada tanggal 19-20 Januari karena puncak Karya Panca Balikrama dipusatkan di Pura Penataran. Pangayah lalu lalang mempersiapkan keperluan upacara sehingga menghalangi wisatawan untuk selfie.  

Seksi Pembantu Umum yang juga Kelian Banjar Purwayu, I Gede Genti, mengatakan selama ini kunjungan wisatawan membeludak ke Lempuyang, khususnya untuk berswafoto di jaba Pura Penataran Sad Kahyangan Lempuyang. Objek ini dinamakan Pintu Surga. “Objek yang dijadikan tempat selfie adalah candi bentar dengan latar belakang panorama Gunung Agung. Wisatawan sampai antre untuk swafoto,” ungkap Gede Genti, Kamis (17/1). Biasanya wisatawan ramai berdatangan di pagi hari agar dapat panorama Gunung Agung.

Namun semenjak persiapan Karya Panca Balikrama, wisatawan sering terhalang untuk berswafoto di jaba Pura Penataran. Sebab ratusan pangayah lalulalang mempersiapkan Karya Panca Balikrama. Mulai dari memasang penjor, memasang pangangge, menyiapkan aneka wewalungan untuk diupacarai, dan persiapan lainnya. Mapepada wewalungan pada Sukra Pon Medangsia, Jumat (18/1). “Makanya kami melakukan penutupan aktivitas pariwisata selama dua hari dari tanggal 19-20 Januari,” ungkapnya. Selama itu wisatawan dilarang masuk areal Pura Sad Kahyangan Lempuyang karena ada prosesi upacara. Wisatawan boleh saja datang ke Pura Sad Kahyangan Lempuyang tetapi menyaksikan prosesi upacara dari luar panyengker pura. *k16

loading...

Komentar