nusabali

Mudra Palinggih Jagatnatha Belum Diperbaiki

  • www.nusabali.com-mudra-palinggih-jagatnatha-belum-diperbaiki

Pujawali di Palinggih Pura Jagatnatha Amlapura pada Purnama Katiga, Saniscara Pahing Merakih, Sabtu (14/9) mendatang.

AMLAPURA, NusaBali
Namun perbaikan mudra (bagian atas) palinggih yang jebol akibat gempa belum diperbaiki. Patung Dewa Wisnu dan garuda juga jebol Pamangku Pura Jagatnatha Amlapura, Ida Mangku Bagus Mukur Muka, berharap segera ada perbaikan dari Pemkab Karangasem.  

Ida Mangku Bagus Mukur Muka mengungkapkan, Selama ini perbaikan palinggih, panyengker, piasan, bale pesandekan, bale sulinggih, pelebaran areal, dan lainnya dibiayai Pemkab Karangasem. Sehingga jelang pujawali, Ida Mangku Bagus Mukur Muka berharap mudra, patung Dewa Wisnu, dan patung garuda segera diperbaiki. 

Terpisah, Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Karangasem, I Gede Basma, mengatakan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri telah menginstruksikan menganggarkan dana untuk perbaikan palinggih Janatnatha. Gede Basma mengungkapkan, Kesra tidak menangani bangunan fisik, hanya menangani banten nganyarin. Ia pun menyarakan konfirmasi ke Dinas Kebudayaan Karangasem. 

Kepala Dinas Kebudayaan Karangasem, I Putu Arnawa, membantah menangani fisik. “Itu kan aset Pemkab Karangasem yang tercatat di BPKAD. Perbaikan bangunan secara fisik dan pengadaan upakara terkait piodalan sepenuhnya ditangani Bagian Kesra,” jawab Putu Arnawa yang juga mantan Kabag Kesra. *k16

Komentar