nusabali

Satpol PP Tangkap ODGJ di Kuburan Cina

  • www.nusabali.com-satpol-pp-tangkap-odgj-di-kuburan-cina

Anggota Satpol PP Gianyar sering kali menerima pengaduan dan permintaan dari masyarakat untuk mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

GIANYAR, NusaBali
Seperti dilakukan pada Rabu (16/1), enam anggota Satpol PP Gianyar mengamankan I Nyoman Rusman,30, pengidap ODGJ asal Banjar Keden, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Gianyar. 

Pihak keluarga minta bantuan Satpol PP Gianyar karena Rusman sering mengamuk di rumahnya. Bahkan, Rabu kemarin, usai mengamuk di rumahnya, Rusman lari ke Kuburan Cina di Desa Ketewel. Hal itu membuat khawatir pihak keluarga.

Enam anggota Satpol PP Gianyar dikoordinir I Wayan Nasta untuk mecari dan menangkap Rusman. Ia berhasil diamankan di Kuburan Cina. Setelah berhasil diamankan, pihak keluarganya minta bantuan agar Satpol PP Gianyar mengirimkan Rusman ke RSJ Bali di Bangli. 

”Karena usai ngamuk di rumahnya, Rusman sempat kabur. Hal ini membuat keluarga khawatir sehingga minta bantuan petugas Satpol PP Gianyar. Rusman dapat kami amankan tanpa  perlawanan,” jelas I Wayan Nasta. Dikatakan, Rusman sudah pernah diamankan di Pantai Ketewel, beberapa tahun lalu. Ia juga sempat dirawat di RSJ Bali di Bangli.

Kasatpol PP Gianyar Cokorda Gde Agusnawa mengatakan,  pihaknya selalu menyiagakan anggota yang siap untuk memberikan bantuan kepada warga, termasuk mengamankan ODGJ. ‘’Kami selalu siap kapan pun warga minta bantuan kepada kami,’’jelasnya. 

Kata dia, giat Satpol PP mengamankan ODGJ tersebut merupakan pengamankan ODGJ pertama pada tahun 2019. Pihaknya ditelepon warga untuk minta bantuan mengamankan ODGJ tersebut gila. Selanjutnya, pihaknya menugaskan enam  anggota Satpol PP untuk mengamankan ODGJ itu. ‘’Setelah berhasil ditangkap, didampingi pihak keluarga, Rusman kami kirim ke RSJ Bali di Bangli. Ia harus mendapat pengobatan medis,’’ jelasnya.*nvi

Komentar