nusabali

Capres-Cawapres Siap Debat Malam Ini

  • www.nusabali.com-capres-cawapres-siap-debat-malam-ini

Debat Capres-Cawapres Pilpres 2019 perdana berlangsung Kamis malam ini pukul 20.00 Wita disiarkan langsung TVRI, Kompas TV dan RTV.

JAKARTA, NusaBali
Debat publik perdana capres-cawapres untuk Pilpres 2019 digelar, Kamis (17/1) malam ini pukul 19.00 WIB atau 20.00 Wita. Masing-masing capres-cawapres pun telah melakukan persiapan matang untuk menghadapi debat perdana yang bertema 'Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme'. 

Seperti pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi), Rabu (16/1) kemarin fokus mempersiapkan diri di kediamannya Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Persiapannya beliau (Prabowo) bersama tim 8 dan juga direktur media dan konten lagi mempersiapkan diri dua hari ini, dari kemarin di Hambalang. Besok habis magrib jalan dari K4 (Kertanegara Nomor 4, kediaman Prabowo) ke Bidakara (lokasi debat)," ujar juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, kepada wartawan, Rabu (16/1). Andre menyebut, selain Prabowo, Sandiaga juga mempersiapkan diri di Hambalang.

Andre memerinci apa saja yang dilakukan Prabowo selama mempersiapkan diri untuk debat capres 2019.

"Mempersiapkan semuanya untuk perdebatan besok (hari ini), mulai dari data materi-materi, itu yang disiapkan. Materi-materinya hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Sekarang dipersiapkan. Kita mempersiapkan diri dua hari ini bagaimana Pak Prabowo menawarkan soal pemberantasan korupsi," sebut Andre dilansir detik.com.

Terpisah Cawapres Sandiaga Uno mengungkapkan ada yang mengusulkan kepada Prabowo dan dirinya untuk menyerang personal ketika debat. Namun usulan itu dimentahkan.

"Pak Prabowo ingin semuanya dilakukan dengan penuh rasa saling menghormati dan santunan dalam budaya kita," ujar Sandiaga saat ditanya soal persiapan debat perdana di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. Sandiaga mengaku menghormati Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden dan Ma'ruf Amin selaku ulama. Dia mengaku hanya akan menyinggung persoalan yang ada di masyarakat.

Sementara Capres incumbent, Joko Widodo (Jokowi), kemarin mengikuti simulasi debat capres-cawapres. Kegiatan simulasi berlangsung di Djakarta Theatre

 Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Tak hanya Capres Jokowi, Cawapres KH Ma’ruf Amin juga hadir di lokasi.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir mengatakan agenda di Djakarta Theatre, yakni untuk pelatihan debat. Jokowi dan cawapresnya Ma'ruf Amin latihan debat. "Agendanya latihan debat hari ini," ujarnya Erick di lokasi acara.

Koordinator Debat TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, mengatakan ada tiga hal penting yang dipersiapkan malam ini. Yang pertama adalah soal durasi.

"Yang pertama adalah bagaimana menyampaikan kalimat dengan diatur oleh waktu. Ini harus ada adaptasi, karena waktunya ada yang 3 menit, 2 menit, dan sebagainya," kata Karding di Djakarta Theater, semalam. Soal durasi dinilai penting agar pesan yang tersampaikan diterima dengan baik. Jokowi-Ma'ruf juga perlu menyamakan persepsi.

"Kedua, perlu diskusi dengan Kiai Ma'ruf tentang penyamaan persepsi di antara keduanya biar kekompakan dan komunikasi terjadi. Yang ketiga adalah apa pun Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf ingin memastikan tata letak jarak dan posisi duduk audiens," ujar Karding.Sebelumnya, Jokowi mengatakan yang terpenting dalam debat adalah sesuai data dan fakta. Dia juga menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan. "Ya tentu saja kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong dengan fakta-fakta. Yang paling penting rencana kami seperti apa," kata Jokowi saat ditemui setelah menghadiri peluncuran wirausaha ASN di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu kemarin.

Jokowi tak bercerita banyak tentang persiapannya. Dia hanya memastikan akan menjawab pertanyaan. "Ya kami datang saja. Kalau ada tanya, ya dijawab," kata dia. Jokowi memastikan akan menjawab pertanyaan seputar HAM hingga kasus Novel Baswedan.

Sedangkan Cawapres Ma'ruf Amin mengaku tidak memiliki persiapan khusus menjelang debat capres-cawapres. Ma'ruf mengaku sudah sering berdebat dalam berbagai forum Nahdlatul Ulama (NU), namun materinya saja yang beda dengan debat capres-cawapres.

"Tentu kalau persiapan ya kita menyiapkan dirilah, tetapi tak selalu segala-segalanya. Seperti biasalah, saya kan biasa kalau berdebat, di NU biasa itu, hanya materinya yang berbeda. Jadi saya membaca, kira-kira apa yang akan didebatkan itu," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu kemarin. Dia juga ditanya soal persiapan kostum debat perdana. Dia lalu memastikan akan mengenakan kain sarung. 

Debat Capres-Cawapres Pilpres 2019 perdana akan berlangsung pada, Kamis malam ini pukul 19.00 WIB atau 20.00 Wita. Debat disiarkan langsung dan live streaming oleh TVRI, Kompas TV dan RTV. Sesi pertama debat capres 2019 Jokowi vs Prabowo ini diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta. *

Komentar