nusabali

Pohon Tumbang Timpa Dapur dan Garase, Mobil, Motor, dan 6 ATV Rusak

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-dapur-dan-garase-mobil-motor-dan-6-atv-rusak

Hujan angin yang menerjang kawasan Badung pada Rabu (16/1), mengakibatkan pohon bertumbangan.

MANGUPURA, NusaBali
Naas, sejumlah pohon tumbang itu menimpa kediaman I Gusti Putu Arnawa, 46, di Banjar Raketan, Desa Taman, Kecamatan Abiansemal. Dapur, garase, dan beberapa kendaraan milik Arnawa rusak akibat tertimpa pohon.

Informasi yang dihimpun, bencana pohon tumbang terjadi sekitar pukul 07.00 Wita. Pohon yang tumbang di antaranya pohon sukun dengan diameter 1 meter dan panjang 25 meter, pohon wani diameter 40 cm dan panjang 15 meter, serta pohon kelapa dengan diameter 30 cm dan panjang 15 meter. 

Pohon yang tumbang mengakibatkan dapur milik Arnawa rusak parah. Tembok rumah dan tembok panyengker dalam karang rusak. Selain itu juga menimpa garase mobil. Satu unit mobil minibus rusak ringan, satu unit kendaraan roda dua rusak ringan. Enam unit kendaraan ATV mengalami rusak ringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ni Putu Ermy Setiari, saat dikonfirmasi membenarkan adanya bencana pohon tumbang tersebut. “Iya, ada bencana pohon tumbang menimpa rumah I Gusti Putu Arnawa. Tapi kami sudah melakukan penanganan selama sekitar 1,5 jam dengan dibantu aparat kepolisian dari Polsek Abiansemal, Kaling Banjar Raketan, serta masyarakat setempat,” ujarnya.

Menurut Ermy, kerusakan yang ditimbulkan akibat kejadian ini cukup parah. Kerusakan parah itu pada bagian dapur, tembok rumah, serta garase mobil. “Jadi, pohon itu berada di lingkungan rumah, pada saat angin kencang tiba-tiba tumbang dan menimpa dapur, tembok, garase mobil. Beberapa kendaraan juga rusak,” tuturnya. “Kalau ditaksir kerugiannya sekitar Rp 100 juta,” imbuhnya. Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Ermy Setiari mengimbau masyarakat selalu waspada saat hujan angin. Sebab, bencana pohon tumbang bisa terjadi kapan saja. Masyarakat diminta melaporkan kepada petugas terkait bila mendapati pepohonan di sekitar lingkungan tempat tinggal rawan tumbang, sehingga bisa langsung diambil tindakan pemangkasan. *asa

Komentar