nusabali

PKBM Yowana Sastra Dapat Bantuan 25 Laptop

  • www.nusabali.com-pkbm-yowana-sastra-dapat-bantuan-25-laptop

PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Yowana Sastra, Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem dapat bantuan 25 unit laptop.

AMLAPURA, NusaBali
Bantuan diserahkan oleh Manager PT HM Sampoerna, Arga Prihatmoko, disaksikan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa di ruang kerja Wakil Bupati Karangasem, Selasa (15/1). Bantuan laptop ini merupakan CSR (corporate social responsibility) dari PT HAM Sampoerna.

Arga Prihatmoko memilih PKBM Yowana Sastra sebagai tempat menyalurkan bantuan karena melihat dedikasi pengurus untuk memajukan pendidikan. Harapannya, angka buta aksara di Karangasem berkurang melalui jalur pendidikan non formal. Di Karangasem masih ada 14.948 jiwa buta aksara sesuai data Sensus Pendidikan tahun 2016. Berbagai program dilaksanakan Dinas Pendikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem untuk menekan angka buta aksara, salah satunya dengan PKBM dan menggelar pendidikan keaksaraan di tahun 2018. 

Pengelola PKBM Yowana Sastra, I Made Tinggen, bersyukur dapat bantuan 25 laptop. Bantuan ini sangat membantu kelancaran pembelajaran di PKBM Yowana sastra. Terlebih lagi ada rencana PKBM kejar paket B dan kejar paket C dan ikut UNBK. “Kami merasa sangat terbantu dengan bantuan 25 laptop itu. Memang kami mengajukan proposal agar dapat bantuan laptop," jelas I Made Tinggen yang mengelola PKBM Yowana Sastra sejak tahun 2013.

PKBM Yowana Sastra menaungi paket A, paket B, dan paket C dengan 119 siswa. Khusus untuk kelas IX paket B sebanyak 10 siswa, dan kelas XII paket C sebanyak 36 siswa. “Kami telah siapkan ruangan khusus untuk komputer, seluruh siswa bisa memanfaatkan komputer tersebut agar memahami teknologi,” katanya. Sementara Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, juga merasa terbantu dengan adanya CSR tersebut. “Kami memang membutuhkan bantuan komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kami di Karangasem memiliki banyak PKBM, yang diakui setara dengan pendidikan formal,” kata Wabup Artha Dipa.

Wabup Artha Dipa menambahkan, untuk program paket B yang telah terdaftar akan mengikuti ujian sebanyak 100 siswa. Di antaranya PKBM Amertha Yulia Ganesha sebanyak 16 siswa, PKBM Yowana Sastra 10 siswa, PKBM Pelita Aksara 13 siswa, Satuan Pendidikan Non Formal SKB 21 siswa, dan lainnya. Sedangkan untuk kelas XII kejar paket C sebanyak 300 siswa berasal dari 11 PKBM. *k16

Komentar