nusabali

1.000 Orang Akan Nyurat Massal Saat Pembukaan Bulan Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-1000-orang-akan-nyurat-massal-saat-pembukaan-bulan-bahasa-bali

Sebanyak 1.000 orang akan nyurat massal aksara Bali untuk memeriahkan pembukaan Bulan Bahasa Bali di Taman Budaya (Art Center) Bali, Jalan Nusa Indah, Denpasar pada Jumat (1/2) mendatang.

DENPASAR, NusaBali
Kegiatan Bulan Bahasa Bali yang baru pertama kali digelar ini bakal diisi dengan berbagai kegiatan lainnya.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bulan Bahasa Bali, Made Mahesa Yuma Putra mengatakan, kegiatan nyurat massal ini akan melibatkan siswa SMA/SMK, perguruan tinggi, Penyuluh Bahasa Bali, serta masyarakat umum pun bisa ikut. Selain nyurat massal aksara Bali, akan ada pertunjukan untuk menyemarakkan suasana. “Persiapan sudah 50 persen sampai saat ini, tinggal pelaksanaan. Kami sudah berkoordinasi ke kabupaten/kota, dan desa,” ungkapnya, Senin (14/1).

Setelah dibuka 1 Februari mendatang, desa-desa akan mulai menggelar lomba-lomba yang sifatnya melestarikan bahasa, aksara, dan sastra Bali. Ia menyebut untuk tingkat desa dilaksanakan kegiatan seperti lomba nyurat aksara Bali anak-anak, lomba ngwacen aksara Bali daha atau teruna, masatua Bali krama istri (PKK), dan festival. “Lembaga pendidikan juga wajib bentuk festival, lomba, pameran, dan pertunjukan yang relevan dengan tingkatan pendidikan,” katanya.

Sementara di tingkat kabupaten/kota diwajibkan mengadakan festival, lomba ngenter paruman antar OPD, lomba nyurat akasara Bali anak-anak, ngwacen aksara Bali daha atau truna, nyatua Bali krama istri (PKK), sambrama wacana antar OPD, debat bahasa Bali dan pameran serta pertunjukan.

Sedangkan di tingkat provinsi dilaksanakan kegiatan berupa lomba nyurat aksara Bali tingkat SD, lomba ngwacen aksara Bali tingkat daha atau truna, lomba sambrama wacana kepala OPD Provinsi Bali, lomba debat mabasa Bali, lomba penulisan opini berbahasa Bali, lomba ngwacen puisi Bali modern putra dan putri, serta lomba nyatua Bali krama istri (PKK).

Di sisi lain, ada juga lomba komik online berbasis bahasa, aksara dan sastra Bali, lomba pembuatan meme berbasis bahasa, aksara, dan sastra Bali, lomba postingan status berbahasa Bali di media sosial, serta lomba vlog berbahasa Bali. Selain lomba, juga akan diadakan seminar, pameran, pertunjukan, serta penganugerahan. Adapun anggaran untuk kegiatan Bulan Bahasa Bali sebesar Rp 1 miliar. “Bulan Bahasa Bali diselenggarakan dalam bentuk kegiatan festival, lomba, pameran, pertunjukan, seminar dan kegiatan lain yang relevan dengan pengembangan dan pelestarian Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Seluruh penyelenggaraan menggunakan bahasa Bali,” imbuhnya. *ind

Komentar