nusabali

Undiksha Terima Belasan Mahasiswa Luar Negeri

  • www.nusabali.com-undiksha-terima-belasan-mahasiswa-luar-negeri

Sebanyak 19 orang mahasiswa luar negeri mendarat di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada Senin (14/1).

SINGARAJA, NusaBali

Mahasiswa berkewarganegaraan Filipina dan Thailand tersebut diterima langsung oleh Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd, untuk mengikuti program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Undiksha.

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Undiksha, Prof Dr AAIN Marhaeni MA, menyampaikan program ini sudah berjalan sejak 2017. Khusus untuk 2019, penerimaan baru dilakukan untuk periode Januari-Februari sebanyak 19 orang. Hanya saja kedatangannya secara bertahap. Mereka berasal dari universitas di Filipina, eliputi University of Saint Anthony, Mariano Marcos University, University of Santo Tomas, Tarlac Agricultural University, Central Luzon State University, Nueva Ecija University of Science dan Technology,  Iloilo Scince dan Technology University Miagao Campus Brgy, Igtuba. Sedangkan itu untuk Thailand, berasal dari Pronce of Songkla University. “Untuk yang PPL ada 14 orang dan PKL 5 orang, total ada 19 orang, tetapi kedatangan mereka bertahap hingga bulan Februari nanti,” jelasnya.

Khusus untuk PPL, mahasiswa asing itu akan mengikuti program selama satu bulan penuh dan PKL empat bulan. Program ini oleh Undiksha juga didukung dengan sarana-prasarana memadai, termasuk akomodasi tempat tinggal. “Kami sangat siap untuk melaksanakan program ini,” sebutnya.

Dalam mengikuti program PKL atau PPL. mahasiswa itu juga tidak hanya berkutat dengan kegiatan akademis saja, melainkan juga diberikan kesempatan untuk mengenal kebudayaan Bali, khususnya Buleleng maupun objek wisata. “Ini juga sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan daerah. Kami siapkan pendamping khusus kalau mereka ingin kemana,” kata Marhaeni.

Sementara itu Rektor I Nyoman Jampel menyampaikan Undiksha yang baru saja melepas 33 orang mahasiswa terbaiknya untuk berPKL-PPL di luar negeri, juga menerima mahasiswa asing untuk program yang sama. Hal tersebut selaras dengan program Undiksha menjadikan tahun 2019 sebagai internasionalisasi. “Ini salah satu untuk mewujudkan itu. Kita tidak hanya mengirim mahasiswa ke luar negeri. Tetapi juga menerima,” tegasnya didampingi Wakil Rektor I, Prof Dr Ida Bagus Putu Arnyana MSi.

Rektor asal Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini, berharap melalui melalui program tersebut bisa meningkatkan grade Undiksha dan mewujudkan visi menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. “Kami berharap kedepan semakin banyak yang mengikuti program ini. Termasuk juga untuk dosen, bisa mengajar di luar negeri dan yang di luar negeri bisa kesini. Kami mendorong untuk itu,” jelasnya.

Selain Filipina dan Thailand, universitas negeri terbesar di Bali Utara ini juga menjalin kerjasama dengan sejulah perguruan tinggi di Vietnam. Ditargetkan nantinya  bisa meluas ke sejumlah negara di Asia, seperti China, Malaysia dan Taiwan, bahkan juga sampai ke Australia.*k23

Komentar