nusabali

Rekrutmen Relawan Demokrasi Sepi Peminat

  • www.nusabali.com-rekrutmen-relawan-demokrasi-sepi-peminat

Rekrutmen relawan demokrasi di KPU Bangli dan Karangasem sepi peminat.

BANGLI, NusaBali

Di KPU Bangli dari belasan orang yang mengambil formulir hanya 5 orang saja yang memutuskan mendaftar. Sementara di Karangasem KPU setempat baru berhasil merekrut 17 relawan saja. Pendaftaran sendiri ditutup pada, Senin (14/1) setelah dibuka sejak 10 Januari lalu.

Komisioner KPU Bangli, I Wayan Sastra Puja mengatakan untuk relawan demokrasi jumlahnya 55 orang yang nantinya terbagi dalam sebelas basis, meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, basis marjinal, komunitas, keagamaan, dan relawan demokrasi itu sendiri. Relawan demokrasi nantinya akan menjadi mitra KPU dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih di Kabupaten Bangli.

“Relawan ini nantinya akan turun melakukan sosialiasi ke masyarakat sesuai dengan basisnya. Relawan akan memberikan informasi terkait pelaksanaan pemilu. Tentu diharapkan bisa meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan public terhadap demokrasi,” jelasnya.

Lanjutnya, hingga Senin siang kemarin baru 5 orang yang sudah mendaftar. “Yang ambil formulir sudah lumayan banyak, tapi yang menyerahkan formulir baru 5 orang. Pendaftaran ini masih berjalan,” sambungnya.

Ditanya soal tidak terpenuhinya kuota 55 orang tersebut, Sastra Puja mengatakan jika belum terpenuhi sesuai dengan ketentuan, maka pendaftaran relawan demokrasi akan diperpanjang hingga 17 Januari mendatang. Untuk menjadi relawan demokrasi juga melalui tahap seleksi dan nantinya bagi yang dinyatakan lulus akan melanjutkan pada tahap pembekalan atau bimtek. “Para relawan ini akan menerima honor atas pekerjaannya Rp 750 ribu per bulan,” kata Sastra Puja.  “Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar, seperti usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal STLA/sederajat. Bagi yang ingin mendaftar bisa langsung ke sekretariat KPU Bangli, akan ada petugas yang akan memberikan informasi lebih lanjut,” imbuhnya.

Terpisah Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana didampingi dua anggotanya Ngurah Maharjana dan I Putu Darma Budiasa ditemui di Sekretariat KPU Karangasem Jalan Bayangkara Amlapura, Senin kemarin mengatakan tetap optimis bisa merekrut penuh relawan. "Terakhir jadwal pengembalian formulir, Selasa (15/1), selanjutnya pengumuman Kamis (17/1), kami tetap optimis mampu merekrut 55 relawan," kata Krisna. *es, k16

Komentar