nusabali

Kontribusi Wisatawan ke Bali Mencapai Rp 24 Triliun

  • www.nusabali.com-kontribusi-wisatawan-ke-bali-mencapai-rp-24-triliun

Pesona Pulau Bali tak hanya melulu menyedot wisatawan mancanegara. Kontribusi wisatawan domestik (wisatawan nusantara) pun cukup besar.

DENPASAR,NusaBali
Alhasil jika kunjungan wisatawan domestik ‘goyah’, niscaya juga berdampak pada pendapatan yang diperoleh dari wisawatan dalam negeri tersebut.  “Diperkirakan pada 2018 lalu pendapatan dari kunjungan wisatawan mencapai Rp 24 triliun,” kata Kadisparda Bali Anak Agung Gede Yuniarta, Minggu (13/1).

“Kunjungan wisdom pada 2018 ada di kisaran 8-9 juta orang. Sedangkan wisman ada di angka 6 juta sekian orang,” kata Gung Yuniarta. Angka tersebut diakui merupakan hitungan ‘kasar’ karena pintu kedatangan wisdom ke Bali cukup banyak. Beda dengan wisman yang bisa dicek lewat imigrasi.

Sementara dihubungi terpisah Kadiparda Badung I Wayan Badra, menyatakan pengeluaran wisatawan domestik paling tidak Rp 3 juta per orang, dengan masa spending tiga hari. Pengeluaran tersebut terdiri dari akomodasi, makan dan minum, tiket masuk objek wisata dan souvenir. “Kira-kira 20 persen di bawah pengeluaran minimal wisman,” terangnya.*k17

Komentar