nusabali

Naik Pesawat, Cukup Bayar Rp 11 Ribu

  • www.nusabali.com-naik-pesawat-cukup-bayar-rp-11-ribu

Tidak semua orang pernah merasakan bagaimana rasanya naik pesawat.

NEW DELHI, NusaBali
Bahkan banyak yang masih beranggapan bahwa pesawat merupakan sarana transportasi yang mahal. Tetapi di India, ada tiket pesawat yang dijual dengan sangat murah, yakni kurang dari Rp 20.000, meski pesawat itu tidak akan membawa penumpangnya terbang ke mana pun.

Adalah Bahadur Chand Gupta, seorang pensiunan teknisi pesawat yang kemudian memiliki ide untuk membuat sebuah wahana simulasi penumpang pesawat. Memanfaatkan sebuah pesawat yang sudah tidak terpakai, Gupta mewujudkan impian bagi mereka yang ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi penumpang pesawat.

Dengan hanya membayar sebesar 60 rupee (sekitar Rp 11.000), para pengunjung akan mendapatkan tiket pesawat, masuk ke dalam pesawat, mendengarkan instruksi keamanan, menikmati makanan ringan, bahkan berkesempatan melihat isi ruang kokpit.

Gupta mengisahkan, awal mula dirinya terpikir membangun wahana tersebut demi memberi kesempatan kepada orang-orang, terutama anak-anak dari keluarga kurang mampu, untuk turut merasakan pengalaman menjadi penumpang pesawat.

"Saya mengawali petualangan ini pada 2002 untuk orang-orang kurang mampu yang tidak bisa membeli tiket penerbangan. Saya memperlihatkan kepada mereka pesawat terbang ini," ujar Gupta seperti dilansir kompas.

Wahana simulasi penumpang pesawat itu menggunakan sebuah pesawat Airbus 300 yang diparkir secara permanen di sebuah lahan di ibu kota India. Gupta menceritakan, bagaimana dirinya, yang berasal dari sebuah desa kecil bernama Haryana, yang ada di pusat India.

"Saya adalah sarjana teknik pertama dari desa tempat saya berasal. Saat saya kembali ke desa setelah bergabung dengan Indian Airlines, orang-orang di desa mengatakan jika mereka ingin melihat pesawat terbang."

"Dalam satu kesempatan, saya pun membawa salah seorang warga desa untuk melihat bagian dalam pesawat, dengan syarat dia tidak akan membuat gaduh." "Tapi pada kenyataannya dia menjadi terlalu bersemangat dengan apa yang dilihatnya dan akhirnya mulai berteriak kegirangan. Itu adalah sebuah pengalaman yang memalukan," ujar Gupta.

Sejak saat itu Gupta pun berpikir bagaimana agar dapat memenuhi harapan mereka yang ingin melihat pesawat tanpa mengganggu keamanan dan terciptalah wahana tersebut.

"Saat ini saya melihat banyak anak-anak sekolah dari berbagai tingkat datang kemari untuk wisata edukasi," kata dia. *

Komentar