nusabali

Kopi Hasil BUMDes Tabanan Rambah Toko Modern

  • www.nusabali.com-kopi-hasil-bumdes-tabanan-rambah-toko-modern

Selain dikenal sebagai lumbung beras, Kabupaten Tabanan juga dikenal penghasil kopi Robusta dan Arabica. Saat ini ada empat BUMDes di Kecamatan Pupuan yang dikoordinir oleh Perusahaan Daerah Dharma Santhika (PDDS) Kabupaten Tabanan berhasil memproduksi produk olahan kopi dengan brand ‘Kopi Kita Serasi’.

TABANAN, NusaBali
Kopi tersebut bahkan sudah dipasarkan di 395 toko modern berjaringan seluruh Provinsi Bali sejak Desember 2018. Empat BUMDes yang memasok Kopi Kita Serasi adalah BUMDes Sri Sedana Munduk Temu, BUMDes Tugu Sari Pajahan, BUMDes Jaya Abadi Kebon Padangan, dan BUMDes Batumesari Batungsel.

“Kopi Kita Serasi ini diproduksi dari biji kopi pilihan yang dijamin keasliannya dari kopi Robusta Pupuan dengan memiliki rasa khas dan nikmat, serta telah tersertifikasi Indikasi Geografis (IG) sebagai jaminannya,” kata Direktur Utama PPDS Kabupaten Tabanan I Gede Putu Sugi Darmawan, Minggu (13/1).

Menurut Sugi, baru satu toko modern yang diajak kerja sama. “Jadi selain kopi ada produk beras merah yang kami ajukan, tetapi baru kopi yang tembus (toko modern, Red),” ucapnya.

Dikatakan, kopi yang sudah tembus ke toko modern adalah yang ukuran 250 gram. PDDS sudah mengirim sebanyak 134 karton berisi 3.216 Kopi Kita Serasi ukuran 250 gram. Meski sudah masuk toko modern, namun ada uji coba selama tiga bulan. “Di toko modern tersebut ada banyak saingan kopi, nah selama tiga bulan kita diujicoba dulu, kalau misalnya tidak cocok, mungkin kami akan ganti dengan produk lain,” tegasnya.

Selain ke toko modern, Sugi menyatakan Kopi Kita Serasi juga tersedia di 180 toko kelontong yang ada di kawasan Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan). Pemasaran demikian mampu menyerap total sebulan rata-rata 100 kg kopi bubuk. Bahkan Kopi Kita Serasi ini juga menjadi langganan item produk bingkisan Hari Raya Galungan bagi 1.050 orang karyawan Bank BPD Bali dan sudah berlangsung selama tiga periode Hari Raya Galungan terakhir ini.

Sementara Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berharap, masyarakat Bali bisa mencintai produk asli lokal, dengan membeli dan mengkonsumsi Kopi Kita Serasi serta produk lainnya yang dihasilkan UMKM dan BUMDes Kabupaten Tabanan. Sehingga bisa mempercepat perputaran ekonomi kerakyatan yang ada di Kabupaten Tabanan khususnya dan Bali umumnya.

“Kami berharap jaringan toko modern lainnya bisa segera menyusul dan melakukan MoU dengan kami di PDDS selaku penyalur produk BUMDes, UMKM, dan produk pertanian Tabanan lainnya, sebagai komitmen untuk ikut serta memasarkan produk-produk yang ada,” harapnya. *de

loading...

Komentar