nusabali

Olah Air Baku, PDAM Badung Belanja Bahan Kimia Rp 8,5 M

  • www.nusabali.com-olah-air-baku-pdam-badung-belanja-bahan-kimia-rp-85-m

Di awal 2019 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mangutama Kabupaten Badung, memasang target meraup sebanyak 2.000 pelanggan baru.

MANGUPURA, NusaBali
Demi mengejar target tersebut, berbagai upaya tengah dilakukan, salah satunya dengan mengoptimalkan pengolahan air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Belusung dan IPA Estuary. Untuk itu, PDAM menyiapkan paket pertama pengadaan bahan kimia Poly Aluminium Chloride (PAC) untuk pengolahan di IPA Belusung dan IPA Estuary senilai Rp 4,9 miliar. Sedangkan paket kedua adalah pengadaan bahan kimia gas chlor untuk pengolahan di IPA Belusung dan IPA Estuary senilai Rp 3,6 miliar.

Saat ini pengadaan tersebut telah masuk dalam proses tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Badung. Tender telah dibuka sejak 10 Januari 2019, dan akan berakhir pada 17 Januari 2019.

Hingga Minggu (13/1) sore, sudah ada lima rekanan yang menyatakan berminat atas tender pengadaan bahan kimia gas chlor. Sedangkan, bahan kimia Poly Aluminium Chloride (PAC) masih nihil. Kendati begitu, masih ada waktu hingga beberapa hari ke depan.

Direktur Utama PDAM Tirta Mangutama Ketut Golak, mengatakan pengadaan bahan kimi untuk pengolahan air bersih di IPA Belusung dan IPA Estuary yang terletak di Denpasar tersebut merupakan bagian dari mengoptimalkan pengolahan air. Menurut dia, dengan bahan kimia dapat menetralisir air agar layak disalurkan ke konsumen.

“Pengadaan bahan kimia ini untuk setahun dan sudah berdasarkan kajian. Sekarang sedang proses tender di LPSE,” ucap Golak, Minggu (13/1).

Penjabat asal Desa Sobangan, Kecamatan Abiansemal, itu berharap dengan mengoptimalkan pengolahan air di IPA Belusung dan IPA Estuary, produksi air bersih lebih maksimal. Ini juga merupakan upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Golak, PDAM pada tahun 2019 menargetkan tambahan sebanyak 2.000 pelanggan baru. “Saat ini kami miliki 71.600 pelanggan. Jika nanti target 2.000 baru pada tahun 2019 tercapai, maka total sebanyak 73.600 pelanggan,” kata Golak. *asa

Komentar