nusabali

Suartana Terbaik di Kejuaraan Thailand

  • www.nusabali.com-suartana-terbaik-di-kejuaraan-thailand

Meski cuaca buruk, atlet layar Bali Komang Suartana sukses ukir prestasi di ajang RS One Asian Championship di Ocean Marina Pattaya, Thailand.

JAKARTA, NusaBali
Atlet layar Bali, Komang Suartana menjadi yang terbaik di ajang RS One Asian Championship di Ocean Marina Pattaya, Thailand, Senin (2/5) kemarin. Dengan modal juara di Thailand ini, Suartana mengaku  semakin percaya diri  menatap PON 2016 yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, September mendatang. Pasalnya, kejuaraan Thailand merupakan kejuaraan bergengsi internasional sehingga bisa menjadi nilai tambah baginya ketika turun di PON. Meski begitu, ia tetap mewaspadai sejumlah pesaing dari daerah lain. "Banyak pengalaman yang saya dapat di kejuaraan ini. Dengan begitu saya lebih percaya diri lagi untuk menuju PON di Bandung nanti," ujar Komang Suartana kepada NusaBali melalui pesan elektroniknya, Selasa (3/5).

Pria yang duduk di semester empat jurusan administrasi negara di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Wira Bhakti, Denpasar ini, meraih juara dengan penuh perjuangan. Lantaran saat kejuaraan berlangsung terjadi hujan disertai badai. Alhasil ia tidak sempat lapor ke panitia ketika menyelesaikan race pertama. Padahal, Komang Suartana finish di urutan pertama. Akibatnya, ia kena pinalti dengan pengurangan lima poin. Beruntung di race  selanjutnya Komang Suartana mampu finish di urutan tiga besar sehingga menghantarkannya pada gelar juara. Kesuksesan di RS One Asian Championsip melengkapi prestasi Komang Suartana di Thailand Open (28/4) lalu.

Pada Thailand Open, Komang juga berhasil menjadi juara di kelas RS One. Kedua kejuaraan itu menjadi ajang try out peraih medali perak SEA Games 2011 ini sebelum berlaga ke PON. "Try out untuk PON hanya kejuaraan di sini saja. Setelah kejuaraan Thailand saya pulang ke Bali dan berlatih kembali untuk mempersiapkan diri ke PON," terang Komang Suartana. Dalam kejuaraan antar provinsi, Komang Suartana turun di kelas RS One. Sementaraa Gede Subagiasa di Mistral dan Oka Sulaksana di RSX. Komang Suartana menargetkan meraih medali emas.

PON tahun 2016 sendiri merupakan keikutsertaan Komang Suartana keempat kalinya. Pada keikutsertaan pertama ia mempersembahkan medali emas. Lalu, di PON kedua dan ketiga meraih medali perak. "Mudah-mudahan PON keempat ini, saya mendapat emas lagi," harap Komang Suartana. Terkait pesaing di PON, Komang Suartana mengakui atlet dari Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan tuan rumah Jabar cukup tangguh.

Namun, ia tetap  optimis menghadapi semua peasing. Ia pun bakal terus memperbaiki diri walau telah sukses meraih gelar juara di Thailand. Baginya, tak boleh meremehkan lawan, karena dalam dunia olahraga layar apa pun bisa terjadi lantaran olahraga ini selain mengandalkan kemampuan fisik, juga dipengaruhi oleh cuaca. “Cuaca terkadang kondisinya tak bias ditebak. Di kondisi seperti itu,  kemampuan atlet diuji agar bisa tampil prima,” pungkasnya. K22

Komentar