nusabali

Diduga Korsleting Listrik, Rumah Ludes Terbakar

  • www.nusabali.com-diduga-korsleting-listrik-rumah-ludes-terbakar

Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Badung. Kali ini sebuah rumah di Banjar Sidan, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, terbakar, Sabtu (12/1) pagi.

MANGUPURA, NusaBali
Bangunan seluas 6 meter x 5 meter itu pun ludes, bahkan atap rumah ambruk. Beruntung tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Kebakaran yang menimpa rumah milik I Kadek Yasa, 37, ini terjadi pada pukul 05.30 Wita. Syukurlah masyarakat dan petugas pemadam kebakaran yang tiba ke lokasi melakukan penanganan dengan cepat sebelum api merembet ke bangunan lain di sekitarnya.

“Kami menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi. Kami tiba ke lokasi pada pukul 05.50 Wita. Kurang lebih 30 menit kemudian api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas dibantu warga setempat,” kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, I Wayan Wirya.

Sejauh ini, berdasarkan dugaan sementara api berasal dari hubungan arus pendek listrik atau korsleting listrik. Namun, ungkap Wirya, aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk lebih memastikan penyebab kebakaran.

Akibat kebakaran tersebut, perabot yang ada di dalam rumah serta barang-barang berharga lainnya ludes terbakar. Termasuk uang tunai milik korban juga ikut terbakar kurang lebih senilai Rp 15 juta.

“Berdasarkan pendataan, kerugian yang dialami korban sekitar Rp 100 juta,” ungkap mantan camat Kuta Selatan itu. Kendati begitu, Wirya menyatakan pemilik serta penghuni rumah lainnya selamat dalam musibah kebakaran tersebut. “Syukurlah nihil korban jiwa,” tandasnya.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung, Ni Nyoman Ermy Setiari, secara terpisah turut membenarkan dugaan sementara kebakaran yang menimpa rumah milik Kadek Yasa berasal dari korlesting listrik. Walau begitu, katanya, ini baru dugaan sementara sebab penyebab pasti masih didalami aparat terkait.

Sementara Kapolsek Petang, AKP Wayan Sudita mengungkapkan kebakaran diduga terjadi akibat korsleting listrik di ruang tamu. Kebakaran diketahui oleh salah seorang penghuni rumah, Ni Ketut Selip, yang terbangun dari tidurnya karena merasa panas. Saat keluar dari dalam kamar dia melihat ada kobaran api di ruangan tamu.

“Mengetahui terjadi kebakaran akhirnya pemilik rumah berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Wargapun berdatangan untuk membantu memadamkan api. Tim dari Polsek Petang juga hadir ke TKP untuk membantu dan menyelidiki peristiwa itu. Dugaan sementara kebakaran itu terjadi akibat korsleting listrik," tutur AKP Wayan Sudita. *asa, po

Komentar